5 Buah yang Bantu Berat Badan Turun dengan Cepat

Senin, 10 Juni 2024 – 02:00 WIB
Ilustrasi jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - BUAH merupakan makanan yang kaya akan berbagai nutrisi dan baik untuk tubuh.

Namun, terkait penurunan berat badan, mitos seputar hal tersebut bisa menyulitkan mereka yang sedang menempuh jalur kebugaran untuk membuat pilihan yang tepat.

BACA JUGA: 5 Manfaat Jus Mentimun, Bikin Berat Badan Ambyar

Mengonsumsi buah-buahan bisa menyebabkan penambahan berat badan karena mengandung gula adalah mitos lain yang tidak hanya konyol, tetapi diyakini bahwa hal tersebut bahkan bisa menghilangkan nutrisi yang diberikan oleh buah-buahan.

Namun, mengonsumsi buah-buahan ini tidak hanya memberi Anda dosis kesehatan ekstra, tetapi juga bisa menurunkan berat badan.

BACA JUGA: 4 Buah Ini Ampuh Atasi Lemah Syahwat pada Pria dengan Cepat

Berikut penjelasanya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

1. Jeruk

Buah jeruk dikenal kaya akan vitamin C dan serat. Oleh karena itu, bisa membuat Anda kenyang, sehingga terhindar dari kebutuhan mengonsumsi kalori ekstra.

BACA JUGA: 5 Rempah Ajaib yang Bantu Turunkan Berat Badan

Faktanya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, jeruk empat kali lebih mengenyangkan dibandingkan croissant berkalori tinggi dan dua kali lebih mengenyangkan dibandingkan muesli bar.

2. Semangka

Tinggi kandungan air dan serat serta sangat rendah kalori, semangka bisa membuat Anda tetap terhidrasi, kenyang, dan sesuai jalur perjalanan penurunan berat badan kamu.

Semua hidrasi itu selanjutnya bisa membantu Anda menurunkan berat badan, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition.

3. Apel

Tentu saja, makan satu apel sehari bisa menjauhkan Anda dari dokter.

Namun, tahukah Anda apa lagi manfaat lain dari rutin mengonsumsi buah apel? Penurunan berat badan.

Faktanya, beberapa penelitian, termasuk yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, menemukan bahwa mengonsumsi apel secara utuh bisa menyebabkan penurunan berat badan.

Pasalnya, buah ini kaya akan serat dan mengandung flavonoid serta beta-karoten yang bisa membuat Anda merasa kenyang dan juga terhindar dari keinginan makan.

4. Pisang

Berbeda dengan buah kaya serat lainnya, pisang memiliki kalori yang cukup tinggi.

Itulah sebabnya banyak orang menganggapnya sebagai musuh penurunan berat badan.

Namun yang cenderung mereka lupakan adalah fakta bahwa buah ini juga kaya akan nutrisi lain seperti potasium, magnesium, mangan, serat, berbagai antioksidan, serta vitamin A, B6, dan C.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Indian Journal of Experimental Biology, pisang bahkan bisa membantu mengatur kadar insulin dan gula darah, sehingga berkontribusi pada penurunan berat badan juga. Namun perlu diingat bahwa moderasi adalah kuncinya.

5. Kiwi

Buah lain yang sering dikesampingkan karena kandungan gulanya yang tinggi adalah buah kiwi.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, kiwi bisa membantu menurunkan gula darah, mengontrol kolesterol, meningkatkan kesehatan usus, dan mengecilkan pinggang.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Asam Urat Kambuh, Redakan dengan Mengonsumsi 3 Buah Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Berat Badan   Buah   apel   pisang  

Terpopuler