5 Cara Agar si Kecil tak Bosan Minum Susu

Rabu, 27 Februari 2019 – 13:30 WIB
Ilustrasi Susu. Foto Hello Sehat

jpnn.com - Susu merupakan salah satu nutrisi penting bagi Si Kecil. Biasanya, pada satu tahun pertama bayi masih suka minum susu. Namun demikian, melewati usia 1 tahun, sebagian anak mulai bosan minum susu. Padahal, banyak sekali manfaat yang terkandung dalam susu untuk menunjang tumbuh kembang si kecil.

Lalu bagaimana cara agar Si Kecil tidak bosan minum susu?

BACA JUGA: Mommy, Ketahui Penyebab si Kecil Bosan Minum Susu

Jika Si Kecil bosan minum susu, Bunda tidak boleh menyerah. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa tips untuk mengatasi Si Kecil yang bosan minum susu:

1. Variasi rasa

BACA JUGA: Duh, Terigu Dicampur Air dan Gula sebagai Pengganti Susu

Variasi rasa sangat penting untuk mengatasi kebosanan Si Kecil terhadap rasa susu. MorinagaChil*Go! yang enak bernutrisi hadir dalam lima varian rasa yang pasti disukai Si Kecil, yaitu cokelat, vanila, stroberi, pisang, dan melon madu.

2. Variasi bentuk penyajian

BACA JUGA: 5 Asupan Ini Bisa Bikin Anda Tidur Nyenyak

Jika Si Kecil bosan minum susu dalam bentuk susu cair dalam gelas, Bunda dapat menyiasatinya dengan penyajian dalam bentuk lain. Misalnya, memberikan sereal yang sudah dicampur susu saat sarapan pagi, mengolah susu menjadi smoothies atau es krim, dimakan bersama biskuit, atau bentuk-bentuk kreatif lainnya.

Membeli mangkuk/gelas susu baru yang lebih menarik juga bisa Bunda coba. Atau Bunda bisa membeli sedotan susu yang unik untuk mengatasi kebosanan Si Kecil minum susu.

3. Jangan memaksa Si Kecil minum susu

Memaksa Si Kecil minum susu bukanlah cara yang baik untuk mengatasi kebosanannya minum susu. Sebaiknya, Si Kecil diberikan penjelasan pentingnya minum susu untuk kesehatannya. Ajaklah Si Kecil untuk menyiapkan susu bersama-sama dengan Bunda sehingga ia dapat lebih menikmati susu yang diminum tanpa paksaan.

4. Tanamkan kebiasaan minum susu dalam keluarga

Si Kecil akan lebih mau minum susu jika Bunda dan anggota keluarga lain juga menerapkan kebiasaan minum susu setiap hari. Dengan demikian, Si Kecil tidak merasa ia sendiri yang minum susu dalam keluarga.

5. Kurangi kebiasaan minum minuman manis atau camilan yang terlalu banyak

Minuman manis, bahkan jus dalam kemasan, terlalu banyak mengandung gula sehingga tidak baik untuk kesehatan Si Kecil. Selain membuat Si Kecil tidak mau minum susu, sering mengonsumsi minuman manis juga membentuk kebiasaan mengonsumsi gula. Hal ini dapat meningkatkan risiko Si Kecil mengalami obesitas.

Begitu pula dengan memberikan camilan yang terlalu sering kepada Si Kecil. Si Kecil yang kenyang dengan camilan tidak akan mau minum susu.

Susu adalah salah satu sumber nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Jadi, untuk mencegah ia bosan minum susu, orangtua harus pintar-pintar mencari cara. Selain itu, orangtua adalah contoh bagi Si Kecil. Berikanlah contoh perilaku yang baik padanya dengan minum susu. Dengan begitu, Si Kecil akan terdorong untuk minum susu.(HNS/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mana Lebih Tepat untuk Anak, Susu Sapi atau Susu Kedelai?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler