5 Cara Alami yang Bisa Atasi Kelelahan Berlebihan

Rabu, 04 Mei 2022 – 02:06 WIB
Kacang Kenari (Walnut). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - KEMBALI ke rumah setelah mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi ditambah macet bisa membuat tubuh lelah.

Akibatnya, setelah sampai di rumah, Anda bisa merasakan kelelahan berlebihan.

BACA JUGA: Atasi Insomnia dengan 5 Cara Alami Ini

Memahami apa yang menyebabkan Anda merasa lelah biasanya merupakan salah satu langkah pertama untuk mengatasi rasa lelah.

Namun, untuk kelelahan umum yang sering muncul dan menyebabkan Anda merasa sedikit pusing, lesu, dan kurang waspada dari waktu ke waktu, kamu bisa mencoba cara alami yang sederhana ini.

BACA JUGA: 6 Manfaat Jus Kulit Semangka Campur Madu, Bikin Pasangan Kelelahan Bahagia

Ini bisa membantu Anda menghilangkan rasa lelah dengan cepat dan memberi kamu dorongan energi yang baik saat sangat membutuhkannya.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Avogel.

BACA JUGA: Cegah Uban Tumbuh Subur di Rambut dengan 3 Cara Alami Ini

1. Bangun dan bergerak

Membuat diri Anda bergerak dan membantu aliran darah ke seluruh bagian tubuh adalah cara cepat dan mudah untuk merasa lebih energik.

Ketidakaktifan adalah salah satu pelanggar terburuk dalam hal kelelahan.

Tidak bergerak untuk waktu yang lama, seperti duduk di meja atau di belakang kemudi bisa membatasi aliran darah Anda, sehingga membuat darah lebih sulit untuk memindahkan oksigen ke sel-sel di sekitar tubuh kamu.

Ketika oksigen dibatasi karena aliran darah yang buruk, itu bisa memengaruhi produksi energi karena sel-sel dalam tubuh kamu membutuhkan oksigen untuk memecah gula dari makanan yang Anda makan, yang menghasilkan energi.

2. Minum segelas air

Ketika Anda merasa lelah, terkadang itu hanya karena kamu mengalami dehidrasi.

Air merupakan cara alami untuk menjaga tingkat energi karena Anda membutuhkannya untuk memetabolisme energi dari makanan dan untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari bisa membantu mencegah tingkat energi Anda menurun.

Untuk membantu mencapai hal ini, minumlah segelas air segera setelah Anda bangun di pagi hari dan bawalah botol air yang bisa digunakan kembali sehingga mudah untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

3. Keluar dan hirup udara segar

Pergi ke luar untuk menghirup udara segar juga memungkinkan Anda menyerap cahaya alami untuk membangunkan otak dan menghilangkan kelesuan.

Karena menghabiskan waktu di kegelapan atau di ruangan yang membosankan bisa mendorong tubuh Anda untuk melepaskan melatonin, hormon pemicu tidur.

Di sisi lain, cahaya (terutama sinar matahari alami) meningkatkan kadar serotonin hormon dan neurotransmitter, yang kadang-kadang dikenal sebagai 'bahan kimia bahagia' karena perannya dalam mengatur suasana hati.

4. Makan camilan penambah energi

Merasa lelah bisa menjadi cara tubuh Anda memberitahu Anda bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Sama seperti mobil, tubuh Anda membutuhkan bahan bakar untuk berjalan dengan baik dan itu datang dalam bentuk makanan.

Jadi, ketika energi Anda turun, pertimbangkan kapan terakhir kali kamu makan sesuatu.

Makan setiap tiga hingga empat jam bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Jika tingkat energi Anda menurun, camilan ringan di antara waktu makan bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan dorongan ekstra.

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah pembangkit energi dan nutrisi kecil (pikirkan almond, kacang mete, kenari, biji bunga matahari dan biji chia).

Sedangkan buah-buahan seperti apel, pir, dan kurma semuanya bisa memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan, karena kaya akan nutrisi.

5. Basahi wajah Anda dengan air dingin

Dingin memicu hormon perangsang adrenalin, jadi menyiram wajah dengan air dingin bisa membantu menyegarkan Anda secara instan.

Percikkan wajah minimal 3 kali untuk hasil terbaik.

Jika Anda tidak suka menyiram wajah dengan air, maka rendam pergelangan tangan kamu di bawah air dingin atau gosokkan es batu di pelipis atau pergelangan tangan juga akan membantu membangunkan Anda.

Anda juga bisa menyiapkan botol semprot berisi air untuk menyemprot wajah saat merasa lelah, atau jika bisa, mandi air dingin akan membuat Anda segar kembali.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler