5 Cara Mengatasi Kesepian

Jumat, 06 Maret 2020 – 04:12 WIB
Kesepian. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Masalah kesepian di kalangan anak muda kini semakin mengkhawatirkan. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa berdampak pada kesehatan fisik dan psikologis. 

Meski begitu, tak perlu khawatir berlebihan, pasalnya untuk mengatasi kesepian, bisa dengan bersantai sejenak ke luar kota dan bertemu orang baru di sana.

BACA JUGA: Ini Dampak Kesepian Pada Kondisi Fisik dan Psikologis

Dalam survei yang dilakukan YouGov menunjukkan bahwa 30 persen millennial (usia 23-38) selalu atau sering merasa kesepian. Jumlah ini menunjukkan millennial sebagai generasi paling kesepian, dibanding generasi terdahulu saat mereka berada di usia yang sama.

Seberapa serius masalah kesepian? Bagaimana cara mengatasi kesepian? Simak ulasan berikut.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Kesepian agar Anda Lebih Semangat

1. Mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota

Kesepian sering dianggap sepele. Padahal sebenarnya bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental. Untuk itu, kita harus mengubah pandangan tersebut. 

BACA JUGA: Kesepian Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini?

Ada banyak solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi kesepian. Salah satunya adalah mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota. Namun sebelum itu, ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan terlebih dahulu, seperti:

2. Mengidentifikasi pemicu kesepian

Pertama-tama berusahalah untuk mencari tahu dan menerima alasan kenapa merasa kesepian. Identifikasi akar masalahnya kemudian mulailah membenahi hal-hal yang menjadi penghalang terbentuknya hubungan yang asli dan otentik.

3. Bangun hubungan pertemanan

Bangunlah beberapa pertemanan baru. Lalu berusaha lebih peduli dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Berusahalah untuk menjaga hubungan tersebut misalnya dengan mengecek kondisi sama lain, mendengarkan curhatan, dan ada saat mereka membutuhkan.

4. Bergabung dengan komunitas baru

Keluarlah dan cari lingkungan pergaulan yang membantu menyegarkan pikiran. Bergabung dengan komunitas baru atau berkontribusilah dalam kegiatan sosial agar lingkaran pergaulan Anda jadi lebih luas. Misalnya bergabung dalam klub olahraga, klub seni, atau perkumpulan relawan.

5. Bersantai di luar kota dengan teman baru

Saat Anda merasa penat dan kesepian di kota, Anda bisa mencari aktivitas untuk mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota sambil juga mencari teman baru. Carilah acara khusus yang bisa membantu memulihkan kesehatan mental Anda.

Di antara kegiatan tersebut adalah yoga healing, meditasi, lebih dekat dengan alam, sharing talk, berdiskusi dengan orang-orang baru, dan belajar membuka diri dari kesepian seperti acara chill staycation ini.

Kesepian bisa menjadi kondisi stres kronis yang merusak kesehatan secara mental dan fisik secara keseluruhan. Dampaknya pada fisik dan mental yang tidak sederhana ini mengharuskan anda mencari cara mengatasi kesepian.

“Kesepian bisa membahayakan Anda secara fisik,” kata Olivia Remes dalam sebuah sesi pidato di TED Talk. Remes adalah seorang peneliti dari Universitas Cambridge yang berfokus pada masalah kecemasan dan depresi. 

Menurut Remes, efek kesepian terhadap fisik bisa sampai menekan fungsi sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Kesepian juga bisa meningkatkan risiko terkena alzheimer dan lebih parahnya bisa mendorong pada mati muda.

Pada kesehatan mental, kesepian menempatkan kita pada risiko kecemasan dan depresi. Hal ini menyebabkan seseorang mengubah persepsi tentang dirinya, hidupnya dan hubungan sosialnya secara lebih negatif. 

Karena itu, tak ada salahnya untuk kita mengatasi kesepian dengan bersantai di luar kota.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler