5 Cara Mudah Merawat Mobil saat Musim Hujan

Selasa, 29 November 2022 – 10:34 WIB
Ilustrasi. dok. lifepal

jpnn.com - JAKARTA - Pemilik mobil perlu lebih telaten saat musim hujan seperti saat ini.

Kendaraan perlu dirawat untuk menghindari permasalahan yang bisa saja terjadi akibat sering kehujanan.

BACA JUGA: Cara Merawat Mobil Matik Biar Awet, Perhatian Bagian Ini, Penting!

Ingat! Air hujan yang telah tercampur partikel kotoran di jalan memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk mobil.

Jika sering kehujanan, suhu udara bisa menjadi lebih lembap, genangan air dan banjir dapat berpengaruh pada mesin hingga cat mobil yang bisa lebih mudah terkelupas.

BACA JUGA: Cara Merawat Mobil Bermesin Diesel, Jangan Salah Pilih Oli

Jadi, jangan sampai Anda lalai merawat kendaraan.

Salah satu cara terbaik merawat kendaraan adalah membeli asuransi mobil, seperti asuransi mobil BMW.

BACA JUGA: Tips Aman dari Resesi Ekonomi 2023, Keuangan Tahan Banting

Namun, merawat saja sebenarnya tidak cukup. Pasalnya, kendaraan Anda juga butuh proteksi ekstra, salah satunya dari asuransi comprehensive yang memberi perlindungan menyeluruh. 

Asuransi ini dapat meng-cover segala biaya kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil Anda ketika mengalami kecelakaan atau musibah lainnya.

Dengan menggunakan asuransi kendaraan, Anda akan merasa lebih aman dan tenang dalam berkendara.

Jika belum memiliki proteksi kendaraan, Anda bisa memilih dari berbagai asuransi online yang disediakan pialang asuransi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) PT Anugrah Atma Adiguna atau Triple A.

Melalui DuitPintar.com, website edukatif dan informatif seputar asuransi milik Triple A, Anda bisa membandingkan polis-polis asuransi terbaik di Indonesia. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan registrasi secara online di DuitPintar.

Pialang asuransi Triple A yang telah terdaftar di OJK juga akan membantu memberikan daftar pilihan polis yang sesuai budget hingga melakukan klaim secara mudah, cepat, dan aman. 

Cara merawat mobil sebenarnya tidak susah. Namun, Anda juga tidak boleh menyepelekan kerusakan mobil yang bisa saja terjadi. 

Jadi, jangan lupa untuk membeli asuransi mobil BMW maupun jenis kendaraan lainnya sebagai bentuk perlindungan kendaraan Anda.

Berikut ini beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil ketika musim hujan.

5 Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Segera bilas dengan air dan keringkan

Setelah mobil Anda mengalami kehujanan, maka setelah sampai rumah segera bilas dengan air biasa. Sebab, air hujan mengandung asam dan garam yang bisa merusak lapisan mobil beserta komponen mesin mobil. 

Bahkan, pada efek jangka panjangnya, bisa memunculkan jamur dan karat pada lapisan cat mobil. Karena itu, jangan biarkan mobil yang kehujanan hanya didiamkan hingga mengering. 

Setelah dibilas, kemudian keringkan bodi mobil dengan menggunakan lap yang lembut agar tidak merusak cat mobil. 

Rutin membersihkan kaca mobil

Salah satu komponen mobil yang cukup penting untuk diperhatikan saat memasuki musim hujan, yaitu bagian kaca depan. Bersihkan kaca mobil depan secara rutin agar permukaan kaca tetap bersih dan jernih. 

Pasalnya, kondisi kaca depan yang bersih, membuat pandangan pengendara mobil jadi tidak terhalang saat hujan turun. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat kaca depan tetap bersih dan jernih.

Salah satunya, dengan menyalakan AC agar membantu menjernihkan embun yang ada pada kaca mobil sebab air hujan. Selain itu, oleskan kanebo yang lembab ke kaca depan mobil dan bersihkan dengan gerakan yang searah. 

Rutin cek mesin mobil

Tips selanjutnya adalah, pastikan Anda rutin mengecek mesin mobil dengan baik. Setiap mobil tentunya mempunyai celah-celah yang bisa jadi jalan masuk air hujan ke dalam komponen mesin mobil.

Dengan rutin mengecek, Anda jadi terhindar dari gangguan yang mungkin saja terjadi akibat masuknya air hujan.

Mesin mobil yang terganggu dengan air hujan bisa menyebabkannya mogok. Agar kondisi mobil tetap prima untuk digunakan keesokan harinya, sebaiknya bersihkan bodi mobil terlebih dahulu.

Periksa kelayakan wiper

Pada saat musim tidak hujan, wiper mobil bisa dibilang jarang digunakan. tetapi saat musim hujan tiba, sangat penting untuk memastikan kondisi wiper masih baik.

Cek apakah karet wiper masih layak dipakai atau perlu diganti. Sebab kondisi wiper yang tidak bagus bisa membuat sapuan wiper dalam menghalau air hujan jadi tidak maksimal. Hal ini tentu saja bisa berbahaya untuk pengendara sebab mengurangi visabilitas ketika berkendara.

Selain itu, karet wiper yang tidak bagus, juga bisa menyebabkan kaca mobil Anda rentan tergores.

Mengecek kondisi ban dan rem mobil

Saat hujan turun, setiap pengendara perlu lebih ekstra hati-hati saat berkendara. Sebab hujan menyebabkan jalanan menjadi licin dan basah. Hal ini tentu menjadikan daya gesek berkurang antara ban dengan jalan saat mengerem.

Karena itu, periksalah kondisi rem dan ban mobil Anda secara berkala. Pastikan kondisinya prima dan mampu bekerja dengan optimal. Apabila ban mobil Anda aus, segera ganti ban mobil Anda.

Itulah lima tips sangat penting untuk Anda terapkan agar kondisi kendaraan kesayangan tetap terawat di musim hujan seperti sekarang. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler