5 Cara Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selasa, 17 Maret 2020 – 11:44 WIB
Warga mengenakan masker seiring merebaknya virus corona. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com - Supaya terhindar dari virus corona, sangat disarankan bagi banyak orang untuk menjaga kesehatannya dengan baik, dengan cara meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun, seperti:

BACA JUGA: Saran Dosen Kesehatan di Inggris untuk Presiden Jokowi soal Melawan Corona

1. Istirahat yang Cukup

Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam sehari. Sedangkan untuk remaja, diminta untuk tidur sekitar 9 sampai 10 jam dalam sehari. Ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghadapi virus.

BACA JUGA: Virus Corona Tak Angker Lagi, Tiongkok Tarik Ribuan Tenaga Medis dari Hubei

2. Banyak Makan Buah dan Sayur

Tidak ada makanan yang lebih baik dari sayur dan buah. Hal ini dikarenakan kedua makanan tersebut mengandung banyak nutrisi tinggi yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

BACA JUGA: Ingat! Selalu Utamakan Pencegahan Terkait Virus Corona

3. Rutin Olahraga

Selain dapat membuat bentuk badan jadi lebih ideal, olahraga secara rutin juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan buat tubuh jadi lebih sehat dan rentan penyakit.

Anda wajib olahraga selama 30 menit (minimal) untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Anda bisa mulai olahraga dengan berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan peregangan di dalam rumah.

4. Hindari Stres

Stres yang tidak terkendali dan berkepanjangan akan meningkatkan hormon kortisol. Dalam jangka panjang, hormon kortisol ini bisa menurunkan kekebalan sistem kekebalan atau imun tubuh, dan pada akhirnya buat Anda jadi rentan terkena virus penyebab penyakit.

5. Hindari Merokok dan minum alkohol

Paparan asap rokok dan minuman beralkohol bisa dengan mudah merusak sistem imun tubuh. Untuk itu, segera hentikan kebiasaan buruk ini, agar tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang virus penyebab penyakit.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan selama self isolation, dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh.(OVI/RPA/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler