5 Daerah di Jatim Masuk Kategori Rawan Saat Pemilu 2024

Sabtu, 30 Desember 2023 – 12:45 WIB
Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto saat menjawab pertanyaan dari awak media. ANTARA/Willi Irawan

jpnn.com - SURABAYA - Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto mengatakan ada lima daerah di provinsi itu yang masuk kategori rawan saat pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

"Masuk kategori rawan itu ada lima wilayah. Semua terpetakan di Madura dari mulai Bangkalan sampai Sumenep, kemudian Pasuruan," kata Irjen Imam di Surabaya, Sabtu (30/12).

BACA JUGA: Rumah Warga di Tulungagung Rusak Terdampak Helikopter Kapolda Jatim

Jenderal bintang dua itu menjelaskan alasan sejumlah daerah itu masuk kategori rawan, karena sejarah penyelenggaraan pemilu di 2019 lalu.

Kapolda menjelaskan alasan sejumlah daerah tersebut masuk kategori rawan karena sejarah penyelenggaraan pemilu di tahun 2019.

BACA JUGA: Polisi Amankan 7 Orang Terkait Ledakan di Bangkalan

"Kalau tidak salah itu terinventarisasi ada 12 kejadian. Termasuk salah satunya di Sampang, pembakaran Polsek Tambelang, masuk catatan khusus," ungkpanya.

Irjen Imam berharap bahwa kejadian-kejadian menonjol, khususnya di Madura, pada pemilu mendatang bisa ditekan.

BACA JUGA: Polisi Sebut Ledakan di Bangkalan Diduga Berasal dari Mortir

"Tentunya itu kami akan mencoba memetakan kerawanan itu dan mengirimkan pasukan yang cuku," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan Jawa Timur menjadi salah satu daerah rawan saat pelaksanaan Pemilu 2024.

"Awalnya Jatim termasuk yang sangat rawan, namun saat ini sudah berubah menjadi rawan, dan juga wilayah Papua menjadi salah satu yang sangat rawan dan kita lihat perkembangannya," kata Kapolri saat Deklarasi Pemilu Damai di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (28/12).

Kapolri menjelaskan secara khusus indeks kerawanan yang dibuat oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tersebut terus berubah sesuai dengan perkembangan dinamika yang ada.

"Yang paling penting kita tidak boleh meremehkan. Oleh karena itu, untuk menghadapi situasi seperti itu pentingnya selalu mengimbau masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan," kata jenderal bintang empat itu. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler