5 Desa di Kabupaten Musi Rawas Terendam Banjir

Kamis, 27 Mei 2021 – 21:11 WIB
Desa terdampak banjir di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (27/5). Foto: BPBD Kabupaten Musi Rawas

jpnn.com, SUMATERA SELATAN - Banjir merendam lima desa di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (27/5), sekitar pukul 06.00 WIB.

Diperkirakan penyebab banjir karena intensitas hujan yang tinggi sehingga menyebabkan meluapnya sungai dan terendamnya ratusan rumah warga.

BACA JUGA: Dampak Gerhana Bulan Total, Jalanan di Pesisir Surabaya Dilanda Banjir Rob

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas melaporkan terdapat dua kecamatan terdampak yaitu Selangit dan Stl Ulu Terawas.

"Kecamatan Selangit tercatat empat desa terdampak yakni Desa Batu Gane, Muara Nilau, Prabumenang dan Taba Gindo. Sementara Kecamatan Stl Ulu Terawas terdapat satu desa terdampak yakni Desa Pasenan," tulis keterangan resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (27/5).

BACA JUGA: Ungkit Perlakuan Kaesang dan Keluarganya, Felicia Tissue: Ini Masalah Etika, Saya Harus Bicara

Kerugian materil di Kecamatan Selangit tercatat 247 unit rumah warga, 1 mushola, 1 sekolah dan 1 masjid terdampak dengan Tinggi Muka Air (TMA) hingga 100 cm.

Sementara itu, TMA di Kecamatan Stl Ulu Terawas mencapai 150 cm dengan kerugian materil masih pendataan.

BACA JUGA: Waspada! Ini 6 Dampak Buruk Konsumsi Tepung Jagung Bagi Kesehatan

Kondisi terakhir di lokasi kejadian pada Kamis (27/5) sore, cuaca cerah dan banjir telah berangsur surut di Kecamatan Selangit sedangkan di Kecamatan Stl Ulu Terawas, genangan banjir masih terjadi di Desa Pasenan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca cerah dan cerah berawan terjadi pada Kamis (27/5) hingga Sabtu (29/5) di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Meski begitu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Sumatera Selatan.

"Wilayah Pagaralam, Lahat, Empat Lawang, OKU, OKU Selatan, dan Musi Banyuasin pada Jumat (28/5) dan Sabtu (29/5)," lanjut BNPB.

Menurut kajian InaRISK BNPB, wilayah Kabupaten Musi Rawas memiliki risiko sedang hingga tinggi dengan 115.345 hektar atau 14 kecamatan berisiko terpapar bencana banjir.

Untuk itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu siap siaga terhadap bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. (mcr9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Unggah Foto Deddy Corbuzier, Ayu Ting Ting: Cowok Tipe Gue Banget


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler