5 Fakta Novel Baswedan Cs Usai Dipecat KPK, Nomor 5 tak Disangka

Kamis, 14 Oktober 2021 – 15:07 WIB
Novel Baswedan. Foto: Ricardo/dokumentasi JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah aktivitas beberapa eks pegawai KPK yang tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi sorotan publik.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan sebagian dari 56 eks pegawai KPK itu telah menerima tawaran untuk menjadi ASN di Korps Bhayangkara.

BACA JUGA: Keren! PKP Siap Membentangkan Karpet Merah Untuk Mantan Pegawai KPK

"Sebagian dari mereka (eks pegawai KPK) sudah ada yang menerima tawaran dari Kapolri," kata Ahmad kepada wartawan, Senin (11/10).

Namun, beberapa eks pegawai KPK menjadi perhatian publik karena menjalankan aktivitas berbeda usai tak bekerja lagi di lembaga antirasuah itu.

BACA JUGA: Ciri-ciri Jantung Bermasalah yang Perlu Anda Waspadai!

Berikut lima fakta aktivitas Novel Baswedan Cs usai dipecat KPK:

1. Bertani

BACA JUGA: Apa yang Dilakukan Novel Baswedan Usai Dipecat dari KPK? Oh Ternyata

Eks pegawai KPK Rasamala Aritonang saat ini mengisi waktu dengan bertani usai dipecat dari lembaga antirasuah tersebut.

Rasamala pulang ke kampung halamannya di Desa Parsuratan, Balige, Sumut, serta menjalani pertanian jagung mulai dari menanam, memanen, menjemur, hingga menjual.

"Kebetulan keluarga kakek saya di kampung memang petani. Sudah hampir satu bulan saya ikut bantu mereka bertani," kata Mantan Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum pada Biro Hukum KPK itu saat dihubungi, Senin (11/10).

2. Jualan Nasi Goreng

Mantan Fungsional Biro Hukum KPK Juliandi Tigor Simanjuntak kini menggeluti bisnis kuliner nasi goreng.

Hal itu diceritakan Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap, yang mengaku telah mencicipi nasi goreng buatan Tigor.

"Kebetulan saya merasakan langsung rasa nasi goreng rempahnya. Menurut saya, rasanya maknyus," kata Yudi kepada JPNN.com, Selasa (12/10).

3. Beternak Kambing

Eks Penyidik Senior KPK Herbert Nababan kini sibuk membuka usaha berjualan pakaian secara online dan beternak kambing.

Hal tersebut diceritakan oleh eks penyidik KPK yang juga tidak lolos TWK Aulia Postiera melalui akun pribadinya di Twitter.

"Sementara ini, (Herbert, red) menyibukkan membantu istrinya jualan online dan mulai merintis usaha ternak kambingnya," tulis Aulia, Rabu (13/10).

4. Mengelola Pesantren

Aulia juga menyampaikan bahwa eks pegawai KPK lainnya, yakni, Harun Al-Rasyid kini menjalani rutinitas dengan mengurus pesantren dan menjajakan dagangannya ke warung-warung.

Adapun Harun merupakan mantan penyidik senior yang mendapat julukan Raja OTT.

"Harun Al-Rasyid nama lengkapnya, mantan Penyelidik Utama KPK (Kasatgas). Seorang doktor hukum dan salah seorang pegawai KPK angkatan pertama. Sementara ini, mengisi hari-harinya dengan mengelola pesantren dan barang dagangannya untuk didistribusikan dan dijual ke warung-warung," tulis Aulia di akunnya di Twitter, Rabu (13/10).

5. Berniat Dirikan Parpol

Selain bertani, ternyata Rasamala juga mengaku punya niatan untuk membangun partai politik.

Menurut dia, parpol bisa menjadi kendaraan untuk memberantas korupsi.

"Saya malah tertarik bikin partai politik, atau bisa juga masuk parpol. Kalau bisa bikin partai nanti saya namakan Partai Serikat Pembebasan. Partai politik bisa jadi jalan untuk kendaran perubahan, tentu dengan prinsip utama integritas," kata dia saat dihubungi, Rabu (13/10). (cr1/jpnn)


Redaktur : Yessy
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler