5 Gangguan ini Biasanya Kerap Menyerang Saat Bulan Puasa

Kamis, 01 Juni 2017 – 07:07 WIB
Ilustrasi perut. Foto: Pixabay.

jpnn.com - Puasa di bulan Ramadan sangat baik bagi tubuh. Namun terkadang, gangguan kesehatan kerap terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan pola dan waktu makan.

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul saat bulan puasa, seperti dilansir dari klikdokter:

BACA JUGA: Puasa dan Pengaruh Regenerasi Sel-sel Saraf

1. Mag

Mag memang kerap muncul, terutama pada penderita mag. Penyebabnya, karena terjadi peningkatan asam lambung akibat lambung kosong selama berpuasa. Selain itu, salah memilih menu sahur dan buka puasa bisa memperparah mag.

BACA JUGA: Puasa Bisa Jadi Solusi Jitu untuk Obesitas

Anda juga perlu menghindari rokok dan asupan yang mengandung gas seperti kubis dan minuman bersoda. Singkirkan makanan berlemak, makanan pedas, dan kopi dari meja makan.

2. Hipoglikemia.

BACA JUGA: Suguhkan Menu All You Can Eat di Bulan Ramadan

Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah bisa terjadi lantaran mengonsumsi gula berlebih saat sahur. Akibatnya, tubuh menghasilkan hormon insulin secara berlebihan, sehingga kadar gula darah menurun.

Selain itu, kebiasaan melewatkan sahur juga bisa memicu hipoglikemia. Keluhan seperti lemas, gelisah, berdebar, mual-muntah, serta nyeri kepala pun akan menghantui sepanjang hari.

3. Konstipasi atau sembelit.

Konstipasi atau sembelit terjadi karena tubuh kekurangan serat dan cairan. Agar terhindari dari sembelit selama puasa, Anda perlu memperhatikan serta memperbanyak asupan cairan dan serat.

4. Hipotensi.

Anda pernah mengalami pusing, kurang bertenaga, lemas, lesu, dan seakan ingin pingsan selama puasa? Itu pertanda Anda mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Nah, untuk mencegah hal ini, Anda perlu mencukupi asupan cairan dan garam. Selain itu, pastikan cukup istirahat.

5. Bau mulut.

Bau mulut (halitosis) merupakan gangguan kesehatan yang sering muncul saat puasa. Bau mulut terjadi akibat penurunan asupan makanan dan cairan. Selain itu, bau mulut bisa terjadi karena infeksi pada saluran pernapasan, jarang menggosok gigi, konsumsi makanan berbau tajam, gangguan ginjal, dan diabetes.

Kini, Anda telah mengetahui beberapa gangguan kesehatan yang kerap mengintai selama puasa di bulan Ramadan. Karena itu, Anda wajib memperhatikan pola makan saat sahur dan buka puasa, agar ibadah puasa berjalan dengan lancar.(BA/RH)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler