5 hal ini Bisa Memicu Kejang

Selasa, 26 April 2016 – 08:50 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - EPILEPSI adalah istilah umum untuk orang yang mengalami kejang. Penyakit itu biasanya didiagnosis setelah seseorang mengalami lebih dari satu kejang.

Penyebab epilepsi biasanya melibatkan bentuk cedera pada otak. Namun bagi kebanyakan orang, penyebab epilepsi masih tidak diketahui.

BACA JUGA: Trik Cegah Anak Kecanduan Main Game

Namun, ada beberapa hal yang bisa memicu kejang, bahkan pada orang yang tidak memiliki kondisi neurologis. Berikut lima hal yang bisa memicu terjadinya kejang:

1. Stress.

BACA JUGA: Ibu-ibu yang Sedang Hamil Wajib Baca Nih, Klik Saja!

Kejang yang dipicu oleh stres terlihat mirip dengan serangan epilepsi, terutama karena mereka bisa memiliki gejala mati rasa yang sama, kebingungan, kejang dan banyak lagi. Namun ada perbedaan dalam aktivitas listrik otak.

2. Gula darah rendah.

BACA JUGA: 6 Tips ini Bisa Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Anda

"Otak Anda adalah konsumen besar glukosa," kata assistant professor of neurology, Vikram Rao, MD, PhD, seperti dilansir laman Health, Minggu (24/4).

Ketika kadar gula darah Anda turun terlalu rendah, maka hipoglikemia otak mengalami kesulitan untuk berfungsi normal dan hasilnya bisa menjadi kejang.

Karena hipoglikemia disebabkan karena potensi efek samping sebuah obat diabetes. Penderita diabetes mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi untuk jenis kejang ini.

3. Heatstroke.

Anda sudah tahu bahwa bermain sepak bola selama berjam-jam pada saat sangat panas bisa berbahaya, karena bisa mengakibatkan tubuh kesulitan menurunkan suhu tubuh Anda sendiri.

"Karena otak tidak berfungsi pada suhu yang lebih tinggi," ujar Dr Rao.

Setelah penyakit panas merasuk, otak bisa macet dan mungkin bisa memicu kejang.

4. Alcohol Withdrawal.

Diperkirakan sebanyak dua juta orang mungkin bersentuhan dengan alkohol setiap tahun, menurut sebuah studi dalam jurnal American Family Physician

Jadi, saat beberapa orang berhenti mengonsumsi alkohol, maka secara otomatis otak mereka dalam kondisi baru. Nah hal itu yang bisa mengakibatkan kejang, biasanya dalam waktu 48 jam setelah minuman terakhir.

5. Obat-obat tertentu.

Antidepresan seperti bupropion (Wellbutrin alias dan Zyban), telah dikaitkan dengan kejang dalam studi tertentu. Dan beberapa antibiotik, seperti penisilin dan kuinolon, dantramadol (dijual dengan nama merek Ultram) juga bisa meningkatkan risiko kejang.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cara Mudah ini Bisa Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler