6 Tips ini Bisa Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Anda

Senin, 25 April 2016 – 17:31 WIB
Ilustrasi. Foto Catholiclane

jpnn.com - MENGATASI kebiasaan mendengkur saat tidur, sebenarnya bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. Karena sebenarnya kebiasaan mendengkur ini tidak bisa Anda sadari ketika Anda sedang tidur lelap.

Dari sisi kesehatan, kebiasaan mendengkur ini kurang baik untuk kesehatan. Sehingga Anda harus melakukan beberapa cara untuk mengatasi kebiasaan ngorok saat tidur.

BACA JUGA: Cara Mudah ini Bisa Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Untuk mengatasi masalah mendengkur saat tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan, seperti dilansir laman India Times, Minggu (24/4).

1. Penurunan berat badan.

BACA JUGA: Sulit Tidur Saat Terbangun Tengah Malam? Simak Tips ini

Jika Anda mengalami kenaikan berat badan, terutama secara signifikan di leher, maka hal itu bisa meremas diameter tenggorokan dan memicu mendengkur.

2. Cobalah gunakan obat semprot hidung.

BACA JUGA: Kenali Perawatan Wajah Dengan Chemical Peeling

Hidung macet atau tersumbat bisa membuat mendengkur benar-benar buruk dengan memaksa Anda untuk bernapas melalui mulut. Sebuah strip di jembatan hidung Anda bisa membantu membuka rongga hidung.

3. Gunakan humidifier.

Kekeringan di bagian mulut dan hidung juga bisa memicu suara dengkuran. Sebuah humidifier benar-benar bisa membantu menjaga ruang dan rongga hidung Anda tetap lembab.

4. Praktik kebersihan tidur yang baik.

Sangat penting untuk memantau siklus tidur Anda. Jam kerja yang panjang dan kurang cukup tidur juga bisa memicu dengkuran. Sebab, ketika Anda lelah dan tidur nyenyak, otot-otot Anda menjadi sedikit longgar yang mengarah ke mendengkur.

5. Ganti sprei dan bantal setiap minggu.

Alergen di kamar tidur dan di bantal bisa berkontribusi membuat Anda mendengkur.

6. Hindari minum alkohol, terutama pada malam hari.

Alkohol bisa membuat ketegangan pada otot, terutama di bagian belakang tenggorokan Anda yang memicu mendengkur. Dan jika Anda minum empat sampai lima jam sebelum tidur maka dengkuran Anda bisa bertambah parah. Juga orang-orang yang tidak mendengkur sama sekali biasanya cenderung mendengkur setelah minum.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Simak Peruntungan Zodiak Anda Pekan Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler