5 Hal ini Bisa Pengaruhi Kehamilan Anda

Senin, 22 Mei 2017 – 23:20 WIB
Hamil. Foto IST

jpnn.com - Wanita hamil seperti tinggal di ladang ranjau. Anda harus pandai memilih-milih asupan makanan.

Berikut ini beberapa hal aneh yang bisa pengaruhi kehamilan, seperti dilansir laman Glamour, Minggu (21/5).

BACA JUGA: Perusahaan Waralaba Terbanyak Gunakan Kemasan Tidak Aman

1. Hewan peliharaan Anda.

Sebuah studi di Microbiome menemukan bahwa seorang bumil yang memiliki hewan peliharaan berbulu seperti anjing dan kucing memiliki bayi dengan bakteri usus yang lebih sehat, bahkan jika hewan peliharaan tersebut tidak lagi tinggal dengan mereka setelah sang ibu melahirkan.

BACA JUGA: GF Ajak Anak-anak Cerdas Pilih Makanan Aman

Sahabat terbaik pria bisa diubah menjadi teman terbaik bayi Anda. Ada efek positif bagi bayi saat wanita hamil memiliki anjing atau kucing, karena hal ini bisa mencegah alergi dan membuat bakteri usus menjadi lebih sehat.

Hal ini terjadi ketika ibu hamil mentransfer kekebalan yang kuat ke bayi mereka dan menciptakan manfaat kesehatan ini.

BACA JUGA: Makanan ini Harus Dihindari Bila Ingin Segera Hamil

2. Obat sakit kepala.

Ini adalah area yang kontroversial. Ibuprofen dan aspirin telah lama dianggap tidak bermanfaat, namun penelitian kini melaporkan bahwa Tylenol bisa dikaitkan dengan ADHD yang bisa menyebabkan cacat jantung bawaan dan Ondansetron juga bisa membawa beberapa risiko, menurut sebuah studi di Current. Laporan Neurologi dan Neuroscience.

Sebaiknya Anda mencoba pengobatan tradisional untuk mengatasi sakit kepala, seperti tidur siang, meditasi atau akupunktur.

3. Pasangan Anda.

Meskipun ada banyak fokus pada bagaimana ibu bisa memperbaiki kesehatan bayi mereka, usia ayah, konsumsi alkohol dan diet mereke bisa memengaruhi peluang anak untuk mengalami gangguan spektrum alkohol janin, skizofrenia, obesitas dan masalah kesehatan fisik dan mental lainnya, menurut sebuah studi di American Journal of Stem Cells.

Ayah harus berolahraga secara teratur, minum lebih sedikit alkohol, memiliki BMI di bawah 30 persen, mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan protein tinggi dan mengonsumsi multivitamin untuk mengoptimalkan kesehatan mereka saat merencanakan untuk memiliki bayi.

4. Tahun ketika Anda hamil.

Ibu yang hamil di bulan Mei 10 persen lebih mungkin memiliki persalinan prematur, menurut sebuah studi di PNAS.

Penulis berpendapat hal ini mungkin berkaitan dengan ibu yang terkena flu di musim dingin, sebelum bayi mereka lahir yang bisa memicu kelahiran dini ini.

Hal-hal seperti merokok, alkohol, penggunaan narkoba, kenaikan berat badan yang tidak mencukupi selama kehamilan dan riwayat kelahiran prematur merupakan kontributor yang lebih signifikan terhadap kelahiran prematur.

Studi lain di International Journal of Sports Medicine menemukan bahwa anak-anak yang lahir pada bulan November lebih atletis, mungkin karena ibu mereka terkena lebih banyak vitamin D sebelum melahirkan.

Banyak orang kekurangan vitamin D, dan karena hal itu memengaruhi kesuburan Anda, ada baiknya Anda memeriksakannya ke dokter pribadi Anda jika Anda berencana untuk hamil.

Tapi jika Anda tidak memiliki akses terhadap sinar matahari, Anda tetap bisa mendapatkan vitamin D melalui suplemen atau makanan.

5. Paparan secondhand smoke.

Wanita hamil yang menghabiskan waktu di sekitar orang-orang yang merokok lebih mungkin memiliki bayi dengan kesulitan konsentrasi dan masalah agresi, menurut sebuah studi di Neurotoxicology.

Anak-anak dari ibu yang terpapar asap rokok pada saat hamil juga memiliki risiko lebih tinggi memiliki bayi dengan berat lahir rendah dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan ini Wajib Dikonsumsi Bagi Perokok


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler