5 Hal Penyebab Hilangnya Gairah Bercinta

Senin, 24 Februari 2014 – 12:16 WIB
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - BANYAK pasangan setelah menikah bertahun-tahun mengalami penurunan gairah bercinta. Gairah bercinta menurun biasanya disebabkan oleh sejumlah alasan fisik, emosional dan psikologis. Kadang pasangan mengeluh tentang kurangnya dorongan seksual baik dari pasangan mereka atau dari diri mereka sendiri.

"Alasan pasangan enggan melakukan hubungan intim ini bisa berupa konflik dengan pasangan, stres, depresi, menahan diri dari keintiman untuk waktu yang lama," kata konsultan senior pengobatan seksual, Dr Rajan Bhonsle, seperti dilansir laman Times of India, Minggu (23/2).

BACA JUGA: Lima Fakta Lucu tentang Tidur

 

Berikut adalah beberapa alasan bagi beberapa pasangan enggan untuk bercinta

BACA JUGA: Bayi Kelainan Jantung Bawaan Meningkat

1. Kelelahan dan kurang tidur

Jika anda lelah dan hanya tidur selama enam jam atau kurang, dorongan untuk bercinta maka akan turun. Menurut para ahli tidur, kekurangan tidur kronis dapat menurunkan kadar testosteron sehingga menyebabkan enggan untuk melakukan hubungan intim.

BACA JUGA: Siapkan Nutrisi Sejak Awal Kehidupan Anak

 

2. Mendengkur

Jika pasangan anda mendengkur dengan keras, hal ini bukan hanya bisa mengganggu tidur anda, tetapi juga akan menurunkan gairah seksualnya. Sleep apnea adalah suatu kondisi yang menyebabkan pernapasan abnormal sepanjang malam sehingga terdengarlah suara dengkuran keras. Masalah ini bukan hanya menyebabkan kurang tidur, tetapi juga dapat mempengaruhi kehidupan seks anda. Jika anda atau pasangan mengalami masalah ini, konsultasikan dengan dokter anda untuk mengobatinya.

 

3. Stres dan depresi

Suasana hati yang sedih dan stres adalah salah satu gejala umum penyebab menurunnya gairah bercinta seseorang. Karena tekanan di tempat kerja, bertengkar dengan pasangan atau kualitas tidur yang buruk dapat menyebkan anda stres. Hal ini juga dapat mengurangi libido anda dalam jangka panjang, menyebabkan diabetes, dan tekanan darah tinggi.

 

4. Peningkatan berat badan

Jika berat badan anda meningkat drastis, dapat menghambat dorongan seksual anda. Hal ini dikarenakan sel-sel lemak mengubah keseimbangan hormon seks di dalam tubuh anda. Orang yang gemuk tidak merasa yakin tentang diri mereka sendiri ketika di tempat tidur dan menghadapi masalah citra tubuh yang mengerikan dan merasa lelah sepanjang waktu, sehingga gairah seks mereka akan terhambat.

 

5 . Gaya hidup yang tidak sehat

Terlepas dari kondisi medis, orang yang kecanduan merokok atau minum minuman beralkohol memiliki dorongan yang rendah untuk bercinta. Sedangkan mereka yang menjalani hidup lebih sehat tanpa rokok dan minuman beralkohol akan lebih baik dan aktif secara fisik maupun mental serta mengakibatkan gairah bercinta mereka semakin meningkat. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Memahami Kaki untuk Tahu Kondisi Kesehatan Anda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler