5 Jurus Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kamis, 27 April 2017 – 13:22 WIB
Olahraga lari. Foto: Health

jpnn.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu yang cukup lama. Kenaikan tekanan darah bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga menimbulkan timbunan lemak dan zat – zat lain.

Berikut ini beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, seperti dilansir laman MSN, Selasa (25/4).

BACA JUGA: Ini 5 Cara Kreatif dan Murah Membersihkan Dapur Hingga Toilet

1. Olahraga

Olahraga adalah cara alami untuk membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah Anda.

BACA JUGA: Ini Trik-Trik Jitu untuk Melawan Gangguan Tidur

Aktivitas fisik yang teratur membuat jantung Anda lebih kuat. Sebuah jantung yang kuat bisa memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha. Jika jantung Anda bekerja lebih sedikit untuk memompa maka daya pada arteri Anda menurun yang bisa menurunkan tekanan darah Anda.

Coba tambahkan latihan/olahraga dalam rutinitas harian Anda kapanpun Anda bisa. Bahkan sesuatu yang kecil seperti naik tangga bukan lift dan berjalan ke tujuan Anda bukannya mengemudi bisa membuat dampak besar.

BACA JUGA: Berapa Batas Maksimal Minum Kopi dalam Sehari?

2. Makan sehat

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, penting untuk makan makanan yang sehat. Mengurangi asupan garam Anda, makan buah-buahan, sayuran dan menghindari makanan berlemak.

3. Mengurangi stres

Apakah Anda pernah merasa stres? Ini mungkin suatu hal yang menyebabkan tekanan darah Anda sangat tinggi.

Stres menyebabkan denyut jantung Anda naik dan Anda bernapas menjadi lebih cepat yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Sangat penting untuk berpikir tentang hal-hal yang membuat Anda stres dan kemudian berusaha untuk menghilangkan stres dari hidup Anda.

4. Kurangi konsumsi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Orang yang minum 5 gelas alkohol/wine atau lebih per hari memiliki peluang lebih tinggi mengalami tekanan darah tinggi dalam jangka panjang yang bisa mengakibatkan Anda mengalami serangan jantung dan stroke.

5. Minum teh

Minum setengah cangkir teh hijau atau teh oolong per hari bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi hampir 50 persen, menurut sebuah studi baru dari Drinkers.

Researchers teh Tiongkok menemukan bahwa pria dan wanita yang minum teh setiap hari selama setidaknya satu tahun jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan hipertensi dibandingkan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengejutkan, Begini Cara Rumah Sakit Membuat Kesehatan Anda Memburuk


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler