5 Kader Hipakad Gowes Sepeda dari Malang ke Jakarta Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Selasa, 15 Agustus 2023 – 16:24 WIB
Ketua Umum Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Hariara Tambunan bersama kader Hipakad yang gowes sepeda dari Malang ke Jakarta menyambut HUT ke-78 kemerdekaan RI. Foto: Ist.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Hariara Tambunan menyambut kedatangan lima kader Hipakad Malang, Jawa Timur yang melakukan perjalanan gowes sepeda sejauh 851,3 kilometer dari Malang ke Jakarta.

Kedatangan lima kader Hipakad Malang ini menyusul rekan mereka Andhika Gatot Setiawan yang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari Malang ke Jakarta selama 20 hari.

BACA JUGA: Bamsoet Beberkan Persiapan Sidang Tahunan MPR

Mereka datang ke Jakarta menyambut HUT ke-78 kemerdekaan RI.

Mereka menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Hariara Tambunan untuk dikibarkan pada perayaan kemerdekaan nantinya.

BACA JUGA: Sambut Hari Kemerdekaan RI Sahabat Ganjar Gelar Rangkaian Kegiatan

Hariara mengapresiasi langkah yang dilakukan para kader Hipakad. Dia lantas menyerahkan sertifikat tanda kehormatan kepada Sriyono (ketua rombongan), Pujiastutik Handayani, Safi'i Imam Suhariyanto, Rizki Hermawan, Mochamad Nurul Yaqin dan W Hendrajaya Saputra.

Hariara juga menyerahkan uang pembinaan serta uniform resmi Hipakad untuk dipergunakan saat mereka terjun ke masyarakat.

BACA JUGA: Bamsoet Bertemu Hariara, Berharap Hipakad Ikut Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Menurut Sriyono nyaris tidak ada kendala berarti selama dalam perjalanan melalui jalur Pantura.

Cuaca Agustus cukup cerah, hanya sangat terik saat perjalanan siang hari ini hingga menembus 39 derajat celcius.

"Syukur, alhamdulilah, tim tetap sehat dan selalu bugar. Tidak ada yang dehidrasi dan tidak ada yang sakit. Kami memang sudah terlatih dan sering gowes dalam jarak jauh dengan kondisi jalan apa pun," ujar Sriyono (68) di Jakarta, Sabtu (12/8).

Peserta lainnya Pujiastutik Handayani mengatakan Hipakad di daerah banyak membantu saat mereka melintas. Misalnya, dari DPD Brebes memberikan dukungan makan dan minum.

Bahkan di beberapa daerah yang dilalui pihak Kodim melalui Kesatuan Polisi Militer juga membantu mengawal rombongan hingga titik tertentu.

"Alhamdulillah, kami sering diberikan atensi pihak Koramil dan Kodim. Karena memang anak-anak dari mereka. Sebagai bagian keluarga besar TNI AD sehingga mereka menyambut dengan bahagia dan bangga," kata Mochamad Nurul Yaqin.

Dalam perjalanan itu, kata peserta lainnya, Safi'i Imam Suhariyanto, mereka mampir ke setiap Kodim dan Hipakad yang ada di daerah.

Sementara itu, Ketua DPD Hipakad Jawa Timur Mujiono mengatakan goweser Hipakad asal Malang membutuhkan waktu sepuluh hari naik sepeda dari Malang sampai ke kantor DPP Hipakad di Jakarta.

"Hal itu tak lain dan tak bukan hanya ingin ketemu Ketua Umum Hipakad Hariara Tambunan. Mudah-mudahan dengan semangat juang para Kera Ngalam (arek Malang) ini menjadi spirit dan inspirasi kader-kader Hipakad terus kuat, solid dan guyub rukun menjadi pemersatu anak-anak bangsa," katanya.

Sementara itu Ketua Umum Hariara Tambunan mengatakan bersepeda tidak hanya baik bagi lingkungan, tetapi juga penting bagi kesehatan.

Dia lantas berharap agar anggota Hipakad dapat menjadi contoh yang baik bagi ormas lainnya dengan membudayakan olahraga.

Hariara juga berpesan agar seluruh anggota Hipakad tetap semangat dan optimistis mendukung kegiatan serupa di daerah mereka tinggal.

Terlebih di Agustus ini rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Tentunya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat untuk rakyat akan selalu didukung oleh anggota dan keluarga besar Hipakad di seluruh Indonesia.

"Pengurus DPP Hipakad siap hadir mendukung peserta gowes yang diinisiasi anggota Hipakad dari Malang ini. Supaya masyarakat juga tahu Hipakad selalu menggelorakan dan memasyarakatkan olahraga," katanya.

Hariara berharap seluruh kader tetap menjaga kekompakan demi masa depan Indonesia mendatang.

"Nanti September kegiatan seperti olahraga ini rencananya juga akan dideklarasikan di Kota Surabaya sebagai bagian dari kegiatan dari DPD Jawa Timur."

"Momentum ini bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional, semoga aksi seperti ini dapat dilakukan DPD Hipakad dari daerah lainnya. Mungkin nanti dari Jakarta ke Malang bisa gowes bersama-sama," kata Hariara. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Top, Andhika Berjalan Kaki Malang-Jakarta Demi Bertemu Ketum Hipakad


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler