5 Kasus Penyerangan terhadap Ustaz, Nomor 3 Mungkin Bikin Anda Merinding

Jumat, 24 September 2021 – 07:02 WIB
Polisi melakukan olah TKP di lokasi pembacokan ustaz Jamiluddin. Ilustrasi Foto: dok JPNN/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Penyerangan terhadap ulama atau ustaz terjadi di sejumlah daerah di Indonesia belakangan.

Rentetan kasus penyerangan atau aksi kekerasan terhadap ustaz itu bahkan sampai kini menjadi fokus kepolisian untuk dituntaskan.

BACA JUGA: Info Terkini Terkait Kasus Pembegalan Ustaz Jamiluddin, Semoga Segera Terungkap

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihak kepolisian berjanji bakal mengusut tuntas seluruh kasus penyerangan terhadap ustaz.

"Kami usut setiap kejadian yang ada," ujar Argo ketika dikonfirmasi, Kamis (23/9).

BACA JUGA: Marak Aksi Penyerangan Ustaz, Mabes Polri Merespons Begini

Berikut deretan kasus penyerangan ustaz yang menyita perhatian publik:

1. Pembegalan Ustaz di Bekasi

BACA JUGA: Di Luar Rencana, Presiden Jokowi Naik Perahu, Siapa Pria Tegap di Sampingnya?

Ustaz Jamiludin menjadi korban begal di Kampung Babakan, Jalan Raya Mustikasari, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Selasa (21/9).

Kejadian bermula saat korban mengendarai motor dan dihentikan dua pelaku begal.

"Pelaku langsung menodongkan senjata tajam dan terjadi perlawanan antara korban dan pelaku," kata Kepala Seksi Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Rusiwng Andari dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9).

Akibat peristiwa itu Ustaz Jamiludin mengalami luka bacok sabetan celurit di bagian pinggang. Korban juga kehilangan sepeda motornya yang dibawa kabur pelaku.

2. Penyerangan Ustaz Syahid di Batam

Video penyerangan Ustaz Abu Syahid Chaniago saat tengah ceramah viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi di Masjid Baitus Syakur, Jodoh, Batam, Kepri pada Senin (20/9). Ustaz Syahid yang sedang ceramah di depan jemaah tiba-tiba diserang orang tak dikenal.

Belum diketahui secara pasti kondisi Ustaz Syahid pasca-penyerangan tersebut. Kendati demikian, pelaku ditangkap jemaah di masjid itu.

3. Penganiayaan Ustaz Kamaruddin Hingga Tewas

Ustaz Kamaruddin (25) tewas usai dianiaya empat orang di daerah Parangloe, Kabupaten Gowa, Selasa (31/8).

"Awalnya tersangka NR ini bertemu dan menyangka bahwa korban adalah pencuri ternak karena korban membawa senjata tajam dan tali tambang," kata Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Boby Rahman, Jumat (3/9/2021).

"Apalagi di sana kerap terjadi pencurian ternak. Akhirnya NR menebas kaki korban dan korban lari ke hutan. Di sana ada NM, SM dan BR yang ikut serta menganiaya korban hingga korban kritis," sambungnya.

Usai kritis, korban meninggal dunia. Adapun polisi kini sudah menangkap keempat pelaku.

4. Penembakan Ketua Majelis Taklim di Tangerang

Seorang ketua majelis taklim berinisial AR tewas ditembak orang tak dikenal (OTK) di depan rumahnya, daerah Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Sabtu (18/9).

Kejadian itu bermula saat korban baru pulang dari masjid usai melaksanakan Salat Magrib. Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan kasus tersebut guna menangkap pelaku.

"Tim masih melakukan pendalaman, penajaman, penyelidikan di lapangan bergerak terus untuk kumpulkan barang bukti yang ada dan menganalisa yang sudah dikumpulkan teman-teman penyidik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Rabu (22/9).

5. Penusukan Syekh Ali Jaber

Almarhum Syekh Ali Jaber juga pernah diserang orang tak dikenal di Kota Bandarlampung, Minggu (13/9/2020).

Saat itu Syekh Ali Jaber yang tengah memberikan tausiah di Masjid Falahuddin, tiba-tiba ada orang tak dikenal langsung merangsek naik ke atas mimbar dan menusuk pendakwah itu.

"Seseorang laki-laki tidak dikenal langsung menghampiri dari sebelah kanan. Nah, dengan itu maka terjadilah kemudian dengan refleks yang tinggi, sempat melakukan tangkisan. Tetapi kena lengan sebelah kanan di bahu," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

Syekh Ali Jaber langsung dibawa ke puskesmas terdekat untuk diobati. Adapun pelaku penusukan diamankan jemaah. (cr1/jpnn)

 

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : Soetomo
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler