5 Kebiasaan Makan ini Bisa Bantu Hidup Lebih Lama loh

Senin, 13 Maret 2017 – 21:51 WIB
Lansia. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Hidup Anda akan berlangsung lebih lama, bila mampu menjaga kesehatan. Makanan merupakan hal yang sangat memengaruhi kesehatan tubuh seseorang.

Karena itu, jika Anda ingin memiliki hidup yang lebih lama, sebaiknya Anda segera mengubah kebiasaan makan yang baik, seperti yang dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (12/3).

BACA JUGA: Ada Lagi nih, Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

1. Kurangi makan daging.

Para ilmuwan telah menemukan, masyarakat yang hidup paling lama biasanya jarang mengonsumi daging dan ada alasan yang baik untuk itu.

BACA JUGA: Jangan Abaikan Sinyal Tubuh Anda!

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sekitar satu porsi daging merah (sapi atau domba) per hari memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 13 persen dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit daging.

Dan konsumsi daging olahan mengakibatkan sekitar 20 persen peningkatan risiko kematian akibat kanker dan penyakit jantung.

BACA JUGA: Anda Kurang Bergairah di Ranjang? Nih Solusinya

2. Makan ikan secara teratur.

Berbicara mengganti daging merah dengan pilihan makanan sehat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan ikan.

Satu review baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 670 ribu peserta menemukan bahwa mereka yang makan ikan paling sering memiliki risiko terendah terhadap kematian.

Kemungkinan hal ini ada hubungannya dengan asam lemak omega-3 yang baik untuk kedua hati dan otak.

Ikan dengan jumlah tertinggi asam lemak omega-3 termasuk salmon, makarel, herring, trout, sarden dan tuna albacore.

3. Mengurangi susu.

Sistem pencernaan manusia tidak dioptimalkan untuk susu sapi, jadi mengapa kita harus mengonsumsi susu? Kalsium adalah jawaban yang biasa, tetapi Anda bisa mendapatkan kalsium dari sumber-sumber lain.

Secangkir kale dimasak, misalnya, memberikan Anda kalsium sebanyak secangkir susu dan mungkin sebenarnya lebih mudah bagi tubuh untuk menyerap kalsium yang ditemukan dalam kale.

Plus, tanaman ini bebas dari semua lemak dan gula yang ditemukan dalam susu.

Menariknya, penelitian yang diterbitkan dalam BMJ menemukan bahwa mereka yang suka mengonsumsi susu telah dikaitkan dengan risiko yang lebih besar dari patah tulang dan kematian.

Penelitian menemukan bahwa susu bisa meningkatkan peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh.

4. Diet nabati.

Makanan terbaik untuk meningkatkan umur Anda adalah sayuran hijau. Para peneliti dari Loma Linda University menemukan bahwa vegetarian memiliki risiko 12 persen lebih rendah dari kematian selama periode enam tahun dibandingkan dengan non-vegetarian.

5. Mulai makan roti tradisional.

Roti yang dibuat secara tradisional adalah dengan menggunakan bakteri yang mencerna pati dan gluten sambil membantu kenaikan roti.

Ini adalah proses yang menciptakan asam yang memberikan rasa roti. Roti yang dihasilkan tidak hanya lebih rendah gluten, tetapi juga membantu menurunkan kadar glikemik makanan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Parade Busana Unik dari Sampah Daur Ulang di BIFF 2017


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler