5 Khasiat Rutin Makan Nangka, Bantu Lindungi Tubuh dari Penyakit Ini

Kamis, 06 Juni 2024 – 02:00 WIB
Ilustrasi Buah Nangka. Foto: Stuart

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi nangka? Nangka merupakan buah yang memiliki rasa manis dan bisa diolah dalam berbagai jenis hidangan.

Meskipun merupakan pengganti daging yang populer, daging buah nangka tidak menyumbang jumlah protein yang sama.

BACA JUGA: 8 Khasiat Nangka, Bikin Deretan Penyakit Ini Ambyar

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menggabungkannya dengan sumber protein nabati lainnya seperti kacang-kacangan, polong-polongan dan biji-bijian.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Bbcgoodfood.com.

BACA JUGA: 5 Manfaat Wortel, Bikin Deretan Penyakit Ini Ogah Mendekat

1. Sumber vitamin dan mineral

Nangka memiliki jumlah kalori yang relatif renda. Sementara menurut setidaknya satu penelitian, nangka lebih kaya mikronutrien dibandingkan buah-buahan populer lainnya seperti apel, aprikot, alpukat, dan pisang.

Faktanya, biji dan dagingnya mengandung lebih banyak kalsium dan zat besi dibandingkan buah tropis lainnya dan merupakan sumber vitamin B termasuk B1, B3, B6 dan folat yang bermanfaat.

BACA JUGA: 10 Khasiat Buah Nangka, Nomor 1 Bikin Kaget

2. Melindungi dari penyakit

Nangka merupakan sumber berbagai macam fitonutrien yang bermanfaat.

Senyawa tanaman ini bersifat melindungi dan bisa membantu mencegah perkembangan penyakit kronis tertentu, seperti diabetes.

Mereka termasuk vitamin C, karotenoid serta polifenol dan flavonoid.

3. Jantung sehat

Selain memasok fitonutrien pelindung, nangka juga mengandung nutrisi yang ramah jantung termasuk potasium dan serat.

4. Mendukung fungsi kekebalan tubuh

Kandungan serat ramah usus bersama dengan vitamin C dan beta-karoten inilah yang menunjukkan bahwa buah nangka bermanfaat untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh dan berpotensi mengurangi risiko infeksi virus.

Selain itu, senyawa yang ditemukan dalam biji buah ini tampaknya mengaktifkan sel-sel kekebalan utama, yang disebut neutrofil.

Sel-sel kekebalan ini adalah salah satu garis pertahanan pertama kita, mereka meningkatkan respons sel-sel kekebalan lainnya dan juga memulai dan memediasi proses peradangan.

5. Menurunkan kadar gula darah

Nangka mempunyai skor rendah pada indeks glikemik (GI), indeks ini mengukur seberapa cepat karbohidrat dari suatu makanan memengaruhi gula darah (glukosa).

Skor yang rendah menunjukkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap yang bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Fitonutrien dalam daun tanaman juga tampaknya meningkatkan toleransi glukosa baik pada mereka yang memiliki kontrol gula darah normal maupun pada penderita penyakit diabetes.

Meskipun aman bagi sebagian besar dari kita, mereka yang memiliki alergi serbuk sari birch atau lateks harus menyadari bahwa mereka mungkin mengalami reaksi silang dengan nangka.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Manfaat Air Kayu Manis yang Bikin Kaget, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Nangka   penyakit   Vitamin   mineral  

Terpopuler