5 Khasiat Tak Terduga Biji Nangka, Selamat Tinggal Anemia

Rabu, 29 Desember 2021 – 02:15 WIB
Kelelahan Bekerja. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - NANGKA merupakan buah dengan daging berwarna kuning dengan rasa yang sangat manis.

Buah nangka kaya akan kandungan gizi dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

BACA JUGA: 4 Manfaat Dahsyat Biji Nangka, Anda Harus Mencobanya

Namun, Anda juga jangan pernah meremehkan biji nangka. Biji nangka yang jika diolah dengan benar memiliki rasa seperti daging ini ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan.

Tidak percaya? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Netmeds.

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Nangka, Nomor 6 Bikin Anda Lega

1. Mengobati Anemia

Harta karun mineral hadir dalam biji nangka. Zat besi esensial membantu dalam sintesis hemoglobin, meningkatkan kadar zat besi dan mencegah anemia serta gangguan darah lainnya.

BACA JUGA: 4 Manfaat Biji Nangka yang Luar Biasa, Salah Satunya Mengurangi Kadar Kolesterol

Sertakan biji nangka dalam rencana makan rutin Anda untuk meningkatkan kadar zat besi dan mengelola anemia.

2. Memicu Imunitas

Biji nangka menunjukkan sifat antibakteri dan antivirus yang kuat yang membantu memerangi patogen penyebab infeksi dan melindungi tubuh dengan membangun sistem kekebalan yang kuat.

Selain itu, dikemas dengan vitamin A dan senyawa bioaktif jacalin, biji nangka telah terbukti melawan strain virus HIV dan meningkatkan respon imun.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Dianugerahkan dengan profil nutrisi yang mengesankan seperti vitamin C, A, antioksidan dan mineral lainnya, biji nangka melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, memperlambat tanda-tanda penuaan, memudarkan kerutan, bintik-bintik, lingkaran hitam dan garis-garis halus.

Biji nangka juga membantu dalam produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit bercahaya serta bebas noda.

4. Rambut Sehat

Bubuk biji nangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut, sebagai antiiritasi kulit kepala, radang dan ketombe.

Bubuk biji nangka juga memperkaya folikel rambut, meningkatkan aliran darah dan memperkuat akar rambut dari dalam. Hal ini mendorong pertumbuhan helai rambut yang lebih kuat dan berkilau.

5. Visi yang Lebih Baik

Vitamin A, antioksidan hadir dalam biji nangka sangat berharga untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan xeropthalmia.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler