5 Komitmen Muhammadiyah, NU, FPI dan Sejumlah Ormas di DKI Jakarta Demi NKRI

Selasa, 14 Mei 2019 – 07:47 WIB
Sejumlah Ulama dan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta bersilaturahmi dan buka puasa bersama, Senin (13/5). Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah organisasi kemasyarakatan dan lembaga keagamaan di DKI Jakarta menggelar silaturahmi sekaligus buka puasa bersama, Senin (13/5) kemarin. Mereka membuat komitmen untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan UUD 1945.

Ketua panitia yang juga Wakil sekretaris PWNU Jakarta Husny Mubarok Amir mengatakan pertemuan tersebut sebuah momentum untuk kembali bersama sesuai temanya, 'merajut kembali tenunan rasa kebangsaan kita' usai Pemilu serentak 2019 dan jelang Pengumuman KPU pada 22 Mei mendatang.

BACA JUGA: Hasil Pilpres 2019 Jabar: Jokowi 6, Prabowo 21, Lihat Rinciannya

"Bulan Ramadan ini sebuah momentum untuk menjalin persaudaraan, menjalin persatuan antaranak bangsa. Maka kami mengajak ormas-ormas yang ada di DKI duduk bersama, bertukar pikiran bersama setelah Pilpres 17 April 2019 kemarin," kata Husny

Dia mengatakan, adapun perwakilan ormas yang hadir di antaranya Ketua Tanfizi FPI DKI Jakarta KH Abdul Majid, Perwakilan Majelis Tabligh PW Muhammadiyah DKI Jakarta, Widodo serta perwakilan PGI, KWI, dan ormas Islam lainnya.

BACA JUGA: Selamat Pagi! Suara Prabowo - Sandi Dekati 54 Juta, tetapi Masih Kalah 15,6 Juta

Dari pertemuan itu, mereka sepakat untuk meneguhkan kembali komitmen kebangsaan dan komitmen keagamaan. "Komitmen kebangsaan itu tetap menjaga kedaulatan NKRI, menjaga Pancasila, menjaga Undang-Undang Dasar 45, dan tentunya menjaga kebinekaan yang selama ini kita pahami dan kita miliki bersama," ucapnya.

Untuk komitmen keagamaan, Indonesia yang mayoritas umat Islam yang terkenal memiliki budaya timur yang santun, damai, selaras dengan perjuangan rasulullah, dengan perjuangan Islam, yang Islam sebagai agama rahmatan lil alamin, untuk semua bukan hanya untuk kalangan Islam sendiri. Namun, untuk seluruh makhluk manusia.

BACA JUGA: Sandiaga Mendadak Bertemu Prabowo, Ternyata Ini yang Dibicarakan

(Buka dong: KPU Beri Tambahan Waktu 3 Hari Lagi Buat KPUD)

"Karena komitmen itulah, kami mengajak saudara-saudara pimpinan-pimpinan ormas, tokoh ormas, habaib, ulama, yang kemarin pada Pilpres itu ada di 01 maupun di 02, mari bersama-sama berkomitmen menjaga Jakarta," ucap dia.

Sementara itu Widodo, perwakilan Majelis Tabligh PW Muhammadiyah DKI Jakarta merasa bersyukur hadir di tengah-tengah acara tersebut. Dia mengaku acara ini adalah suatu hal yang positif.

"Setelah hiruk pikuk pemilu, yang mudah-mudahan nanti hasilnya akan ditetapkan KPU sebagai lembaga berwenang, kami harapkan tidak ada hal-hal yang mengkhawatirkan bagi negara. Apapun hasilnya ya kita harus terima," ucap Widodo.

Dia mengimbau jika ada paslon presiden dan wakil presiden yang tidak puas, untuk menindaklanjuti ke lembaga terkait. "Ada wadah sesuai aturan yang berlaku sehingga seluruhnya bisa legawo terhadap keputusan yang diambil," pungkas Widodo.

Jelang akhir pertemuan itu, ormas dan lembaga keagamaan menghasilkan lima komitmen bersama, seperti di bawah ini. (*/adk/jpnn)

5 Komitmen organisasi kemasyarakatan dan lembaga keagamaan di DKI Jakarta

1. Meneguhkan kembali komitmen keagamaan dan komitmen kebangsaan serta merajut dan merawat kembali Ukhuwah Islamlyah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah insaniyyah.

2. Menjaga dan ikut bertanggung jawab terciptanya suasana yang aman, sejuk dan damai di ibu kota Jakarta pasca-Pileg dan Pilpres 2019 dengan jujur dan adil.

3. Berkontribusi secara aktif dan partisipatif dalam membangun masyarakat Jakarta yang toleran, sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia.

4. Menggerakkan kesadaran sejarah bangsa Indonesia tentang peran penting pembangunan jati diri bangsa dan membangun serta menjaga kedaulatan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945.

5. Membangkitkan kesadaran intelektual, kesadaran emosional dan kesadaran spiritual masyarakat Jakarta dalam memenangkan persaingan global dan mengkonstruk peradaban Indonesia dan dunia yang rahmatanlilalamiin.

Ormas dan lembaga keagamaan yang ditorehkan dalam lembaran komitmen tersebut, yakni PWNU DKI Jakarta, PW Muhammadiyah Jakarta, Forum Betawi Rempug, DPD FPI DKI Jakarta, Lembaga Persaudaraan Ormas Islam (LPOI) DKI Jakarta, JIC, DMI Jakarta, KODI Jakarta, PW Persis DKI Jakarta, PW Al Washliyah DKI Jakarta, Pengurus Wilayah Syarikat Islam DKI Jakarta, Majelis Rasulullah, Syamsi Syumus, Laskar Betawi, Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Bamus Betawi, Pw Persis DKI Jakarta, Forkabi, PMD Laskar Merah Putih DKI Jakarta, Darul Hasyimi, Al- Muwasholah, Singa Timur, Bang Japar, MATAKIN DKI Jakarta, FK Ulum DKI Jakarta, FSTM Jakarta, Format Fatahillah, PGIW DKI Jakarta, DPD KNPI DKI Jakarta, Himpunan Bina Muallaf Indonesia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandiaga Mendadak Bertemu Prabowo di Kertanegara, Bahas Apa?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler