5 Manfaat Jeruk Bali, Nomor 4 Luar Biasa

Minggu, 02 Oktober 2022 – 06:53 WIB
Jeruk bali. Foto: source YouTube

jpnn.com, JAKARTA - JERUK merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C.

Ada berbagai jenis jeruk yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari jeruk bali, jeruk nipis, lemon, dan lainnya.

BACA JUGA: Ini 6 Manfaat Minyak Jeruk Bali

Grapefruit atau jeruk bali adalah bagian dari keluarga jeruk dan tumbuh berkelompok di pohon, seperti anggur, konon dari sinilah namanya berasal.

Grapefruits datang dalam berbagai warna termasuk kuning, merah muda dan merah, dan mereka memiliki berbagai rasa, dari manis hingga asam.

BACA JUGA: 3 Khasiat Jeruk Bali, Bantu Kontrol Tekanan Darah Tinggi

Ada berbagai manfaat jeruk bali yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Bbcgoodfood.

BACA JUGA: Jeruk Bali Baik Untuk Kesehatan Paru-paru

https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-grapefruit?

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat jeruk bali salah satunya menyediakan sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya memiliki sifat antioksidan.

Ini berarti mereka membantu melindungi sel dari potensi kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Secara khusus, mereka adalah sumber beta-karoten yang baik, yang diubah dalam tubuh menjadi vitamin A, dan dianggap mengurangi risiko kondisi kronis termasuk degenerasi makula.

Jeruk bali juga merupakan sumber likopen yang bermanfaat, yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

2. Mendukung kesehatan jantung

Pada tahun 2012, American Heart Association menerbitkan sebuah laporan yang menyarankan bahwa diet tinggi flavonoid tertentu, senyawa yang ditemukan dalam buah jeruk termasuk jeruk bali, bisa menurunkan risiko stroke pada wanita.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami dengan tepat mengapa hal ini terjadi.

Jeruk bali kaya akan potasium dan serat, serta antioksidan pelindung yang bisa membantu mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol.

Penelitian pada manusia telah menunjukkan peran bermanfaat jeruk bali, dan khususnya jeruk bali merah, bisa berperan dalam membantu meningkatkan kadar kolesterol, terutama pada mereka yang menderita aterosklerosis.

3. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun rendah kalori dan tinggi serat, makan jeruk bali tidak mungkin memberikan penurunan berat badan dramatis yang disebut-sebut dalam beberapa diet mode.

Namun, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk bali mungkin bisa membantu.

Sebuah studi Jepang 12 minggu melihat efek jeruk bali versus plasebo, dan ada penurunan berat badan yang signifikan, serta kadar glukosa darah, pada peserta yang mengonsumsi setengah jeruk bali sebelum makan.

4. Membantu manajemen gula darah

Penelitian pada hewan telah meneliti peran bermanfaat jus jeruk bali dalam mengurangi kadar glukosa darah dan meningkatkan resistensi insulin.

Ini lebih lanjut didukung oleh asupan buah dan sayuran hijau yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan.

5. Meningkatkan fungsi otak yang lebih baik

Ada beberapa penelitian yang menjanjikan tentang peran flavonoid dalam makanan dan peningkatan memori dan kognisi, serta pencegahan kondisi neurodegeneratif.

Namun, terlalu dini untuk mengatakan apakah jeruk bali, khususnya, memiliki dampak signifikan pada kesehatan otak.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler