5 Manfaat Mengonsumsi Cabai

Jumat, 17 Januari 2020 – 14:21 WIB
Panen cabai. Foto: Kementan

jpnn.com - Mulai sekarang jangan anggap remeh cabai. Jangan juga berpandangan bahwa cabai sekadar memberi rasa pedas.

Nyatanya, dari deretan fakta nutrisi di atas, cabai punya manfaat untuk kesehatan tubuh, yakni:

BACA JUGA: 5 Manfaat Cabai Hijau untuk Kesehatan yang Tidak Diketahui

1. Menurunkan Berat Badan

Menurut beberapa penelitian, kandungan capsaicin di dalam cabai  dapat membantu menurunkan berat badan. Ditemukan bahwa capsaicin dapat menekan nafsu makan dan melakukan pembakaran lemak di dalam tubuh.

BACA JUGA: 7 Manfaat Mengonsumsi Cabai Rawit Hijau Untuk Kesehatan

Meski demikian, jangan cuma bergantung makanan pedas saja, Anda harus imbangi dengan olahraga dan pengaturan makan yang tepat jika ingin berat badan turun ideal.

2. Meredakan Sakit Kepala

BACA JUGA: Ini Loh Manfaat Cabai untuk Kecantikan, Berani Coba?

Capsaicin, kandungan dalam cabai, memang sudah lama diketahui baik bagi kesehatan. Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, capsaicin adalah zat penghasil rasa pedas, yang bila dikonsumsi menimbulkan sensasi terbakar di mulut.

Jika Anda mengonsumsi cabai dan mulut terasa panas atau seperti terbakar, otak akan merespons hal itu dengan mengeluarkan hormon adrenalin dan endorfin," ujar dr. Reza.

"Sedangkan, endorfin merupakan hormon alami tubuh yang dapat memicu rasa senang. Di samping itu, hormon ini juga bermanfaat dalam mencegah nyeri. Inilah mengapa cabai sering dijadikan alternatif untuk mengobati sakit kepala atau pusing," sambungnya.

3. Mengurangi Risiko Penyakit jantung

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, makan makanan pedas sedikit mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Makanan pedas yang mengandung cabai memiliki kandungan kalium. Apabila itu dikombinasikan dengan asam folat akan mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

"Selain itu, capsaicin dalam cabai juga efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh," ungkap dr. Dyah.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti diketahui, bahwa manfaat cabai mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga mata Anda sehat setiap saat. Sekitar satu sendok makan cabai setiap hari dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Ini juga dapat membantu mencega kondisi rabun malam serta degenerasi makula.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat bahan makanan pedas, seperti lada, cabai, kunyit, dan kayu manis.

Hasilnya menunjukkan, bahwa makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh saat sedang istirahat (resting metabolic rate) dan menurunkan nafsu makan.

Selain itu, kandungan capsaisin dalam cabai juga memiliki efek termogenik. Efek tersebut membuat tubuh mampu membakar kalori berlebih setelah makan.

Ternyata, cabai yang diulek menjadi sambal itu punya nutrisi yang baik dan manfaat kesehatan yang luar biasa. Tapi ingat, Anda jangan berlebihan makan cabai karena berbahaya juga bagi kesehatan pencernaan.(OVI/RPA/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler