5 Manfaat Menurunkan Berat Badan, Nomor 3 Tak Terduga

Rabu, 02 Januari 2019 – 22:53 WIB
Diet. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - Jika Anda pernah menetapkan resolusi untuk menurunkan berat badan maka sebaiknya itu dijaga secara konsisten. Mempertahankan berat badan optimal tidak hanya membantu mencegah penyakit serius, tetapi juga bisa memiliki beberapa manfaat tak terduga.

Berikut ini beberapa manfaat menurunkan berat badan yang cenderung terbang di bawah radar, seperti dilansir laman Care2, Selasa (1/1).

BACA JUGA: Diet? Jangan Khawatir, Anda Masih Bisa Makan Nasi & Kentang

1. Menekan Kebiasaan Mendengkur

Kira-kira setengah dari orang dewasa mendengkur pada saat mereka tidur dan seperempatnya adalah pendengkur kebiasaan, menurut American Academy of Otolaryngology.

BACA JUGA: Waspadai Bahan Berbahaya Ini dalam Suplemen Diet Anda

Mendengkur terjadi ketika sesuatu menghalangi udara yang mengalir melalui hidung atau mulut. Dan satu alasan untuk gangguan udara itu adalah kelebihan berat badan.

Orang-orang yang kelebihan berat badan memiliki jaringan ekstra di belakang tenggorokan mereka yang bisa jatuh di atas saluran napas dan memblokir aliran udara ke paru-paru saat mereka tidur.

BACA JUGA: 4 Kesalahan Diet yang Bisa Bikin Tubuh Makin Gemuk

Menurunkan berat badan bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap mendengkur dan apnea tidur - bahkan sampai menghentikannya sepenuhnya.

2. Makanan Terasa Lebih Enak

Selama bertahun-tahun, para peneliti telah mengetahui bahwa orang gemuk sering memiliki indera perasa yang lemah.

Karena itu, mereka mengonsumsi lebih banyak makanan untuk merasa puas. Dan sebuah penelitian baru mungkin menjelaskan mengapa.

Peneliti Cornell menemukan tikus gemuk yang diberi diet tinggi lemak mengalami kehilangan indera perasa dibandingkan dengan tikus yang menjalani diet sehat.

Mereka juga memberi makan kelompok lain diet tinggi lemak tetapi mengendalikan peradangan di tubuh mereka. Meskipun tikus-tikus itu bertambah berat, mereka mempertahankan selera mereka.

Dengan demikian, penelitian ini menyarankan bahwa peradangan tingkat rendah kronis yang disebabkan oleh obesitas bisa mengurangi jumlah pengecap dan kemungkinan penyebab gangguan rasa yang terlihat pada populasi obesitas.

3. Hemat Uang

Menurut sebuah studi dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, biaya pengobatan yang terkait dengan orang dewasa obesitas dan kelebihan berat badan di Amerika Serikat adalah $ 210 miliar per tahun.

Dan itu bahkan tidak memperhitungkan kerugian produktivitas, seperti kehilangan hari kerja. Ini juga memengaruhi bisnis, ekonomi dan bahkan premi asuransi kesehatan untuk orang sehat.

Kabar baiknya adalah menurunkan berat badan bisa sangat menguntungkan rekening bank Anda, serta masyarakat pada umumnya.

Studi menemukan bahwa seorang remaja berusia 20 tahun yang mengalami obesitas hingga kelebihan berat badan akan menghemat rata-rata $ 17.655 selama hidup mereka dan jika mereka beralih dari obesitas ke berat badan yang sehat mereka akan menghemat $ 28.020.

4. Fungsi Otak Mungkin Meningkat

Satu penelitian mengikuti wanita yang lebih tua dan kelebihan berat badan kemudian mereka kehilangan berat badan melalui diet yang sehat.

Setelah penurunan berat badan, aktivitas otak dilaporkan meningkat selama pengkodean memori di daerah otak yang penting untuk identifikasi dan pencocokan wajah.

Otak juga bekerja lebih efisien untuk mengambil ingatan episodik.

5. Energi Meningkat

Kelebihan berat badan menempatkan tekanan pada tubuh dan menyebabkannya menggunakan lebih banyak energi untuk berfungsi.

Juga, obesitas telah dikaitkan dengan penurunan kualitas dan kuantitas tidur yang semakin menguras energi.

Tetapi menurunkan berat badan - terutama lemak perut bisa meningkatkan kualitas tidur, menurut studi Johns Hopkins. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diet Rendah Karbohidrat Ampuh untuk Bakar Kalori?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler