5 Manfaat Rutin Minum Wine, Bantu Cegah Serangan Penyakit Ini

Senin, 10 Juni 2024 – 02:00 WIB
Red Wine. Foto: winecoolerdirect

jpnn.com, JAKARTA - WINE atau anggur merah merupakan salah satu minuman yang mengandung alkohol.

Minum segelas wine diiringi musik klasik yang menenangkan mungkin tampak seperti penyetel suasana malam Jumat yang sempurna, sekaligus menyambut akhir pekan.

BACA JUGA: 5 Bahaya Minum Wine untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Namun, selain sedikit sensasi dan perasaan euforia yang halus, apakah anggur merah benar-benar memiliki manfaat kesehatan?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Sosiologi, Virginia Tech di AS menemukan bahwa alkohol dalam anggur merah, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, menghasilkan kematian yang lebih rendah karena semua penyebab jika dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum.

BACA JUGA: 6 Khasiat Lobak Putih, Ampuh Obati Penyakit Ini

Namun, itu bukan satu-satunya manfaat anggur merah bagi kesehatan.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.com.

BACA JUGA: Pameran Dimatique World of Wine, Datangkan Pakar Minuman

1. Mengurangi risiko diabetes tipe-2 pada wanita

Cancer Epidemiology Centre, Australia, melakukan penelitian untuk menguji hubungan antara jumlah dan frekuensi konsumsi alkohol dan diabetes tipe-2 dan menemukan bahwa alkohol dari wine dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe-2.

2. Mengandung antioksidan

Anggur kaya akan antioksidan, termasuk resveratrol, katekin, epikatekin, dan proanthocyanidins.

Diantaranya proanthocyanidins berperan penting dalam mengurangi kerusakan oksidatif pada tubuh serta mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Antwerp Belgia menemukan bahwa proanthocyanidins bertindak sebagai agen kemo dan antiinflamasi yang mengurangi risiko kematian kardiovaskular.

3. Mengurangi risiko depresi pada wanita

Departemen Pengobatan Pencegahan dan Kesehatan Masyarakat, Spanyol, melakukan penelitian yang menemukan bahwa konsumsi wine dalam jumlah sedang bisa mengurangi kejadian depresi, sementara peminum berat tampaknya memiliki risiko lebih tinggi.

Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi 5 hingga 15 gram anggur dikaitkan dengan rendahnya risiko kejadian depresi.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung dan strok

Minum anggur merah dalam jumlah sedang mengurangi risiko penyakit jantung dengan membantu mempertahankan kolesterol HDL yang baik dalam darah.

Sebuah studi oleh Departemen Kedokteran Universitas Kedokteran dan Kedokteran Gigi New Jersey menemukan bahwa anggur merah menghambat oksidasi lipoprotein yang dimediasi sel.

Studi lain yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Toulouse, Prancis menemukan bahwa asupan alkohol dalam jumlah sedang dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung iskemik.

5. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi anggur dan bir dalam jumlah sedang mengurangi angka kematian secara keseluruhan, terutama akibat penyakit jantung koroner serta kanker karena dua komponen utama dalam anggur, alkohol dan polifenol.

Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi anggur dalam jumlah sedang dikaitkan dengan penurunan kejadian penyakit kardiovaskular (CVD), hipertensi, diabetes, dan karsinoma usus besar, sel basal, ovarium, dan prostat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 9 Khasiat Air Rebusan Kayu Manis, Bantu Obati Berbagai Penyakit Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Wine   penyakit   Antioksidan   depresi  

Terpopuler