5 Manfaat Tomat yang Tidak Terduga, Cegah Penyakit Ini Menyerang Anda

Jumat, 03 Februari 2023 – 06:39 WIB
Tomat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi tomat? Tomat merupakan merupakan buah yang sering dianggap sebagai sayuran.

Tomat merupakan buah yang memiliki warna merah, kuning dan hijau.

BACA JUGA: 3 Manfaat Tomat, Bikin Penyakit Kronis Ini Ambrol

Tomat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena mengandung berbagai nutrisi.

Mulai dari protein, karbohidrat, lemak, kalori, kalium, vitamin C, zat besi, vitamin B6, dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Jagung, Bantu Cegah Timbulnya Penyakit Ini

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Mengatasi diabetes

Buah tomat dipercaya bisa membantu mengatasi penyakit diabetes, karena dalam secangkir tomat terdapat 2 gram serat.

BACA JUGA: Waspada, Ini 7 Bahaya Mengerikan Makan Tomat Berlebihan, Nomor 3 Bikin Resah

The American Diabetes Association menyarankan untuk mengonsumsi 25 gram serat setiap hari untuk wanita dan 38 gram serat setiap hari untuk pria jika ingin mengatasi penyakit kencing manis ini.

Sementara itu, sebuah penelitian pada tahun 2017 menyatakan bahwa pasien diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan kaya serat mengalami penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Pasien diabetes tipe 2 juga mengalami penurunan pada kadar gula darah hingga kadar lemak dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

Penelitian pada tahun 2014 membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi buah tomat yang kaya antioksidan seperti lutein karotenoid dan zeaxanthin, bisa menurunkan risiko terhadap degenerasi makula neovaskular hingga 35 persen.

Selain itu, salah satu kandungan nutrisi pada tomat, beta-karotene ternyata kandungan gizinya bisa membantu menjaga kesehatan mata.

Beta-karotene, likopen, dan lutein adalah antioksidan yang bisa Anda temukan dalam buah tomat dan memiliki manfaat untuk melindungi mata dari berbagai kerusakan mata.

3. Menjaga kesehatan kulit

Penelitian pada tahun 2011 menemukan, bahwa kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, kombinasi tersebut juga mendorong produksi pro-kolagen.

Kolagen merupakan komponen penting dalam pertumbuhan kulit, rambut, hingga kuku.

Buah tomat yang memiliki kandungan vitamin C juga memiliki peranan penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh.

Sementara itu, tubuh yang kekurangan vitamin C akan sangat rentan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan asap.

Jika masalah tersebut dibiarkan begitu saja, kulit akan lebih cepat keriput, kendur, muncul bercak hitam, hingga berbagai masalah kesehatan kulit lainnya.

4. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah tomat yang kaya akan likopen dan beta-karoten dapat memberikan manfaat untuk menekan risiko mengalami salah satu penyakit jantung yang mematikan.

Tak hanya itu, kandungan likopen juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan faktor risiko dari penyakit jantung.

Menurut penelitian dalam European Journal of Public Health, bahwa kandungan likopen dan beta-karoten dalam tubuh bisa memengaruhi risiko terhadap serangan jantung.

Perlu diketahui, makin rendah kadar likopen dan beta-karoten, makin tinggi risiko seseorang mengalami serangan jantung.

Kandungan likopen yang terdapat dalam buah tomat juga memberikan efek perlindungan terhadap lapisan dalam pembuluh darah, sehingga berpotensi menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah.

5. Mencegah kanker

Tomat termasuk salah satu buah terbaik sebagai sumber vitamin C dan antioksidan.

Kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah tomat ini memberikan manfaat dalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, kandungan beta-karotene dalam tomat juga memiliki manfaat untuk mencegah pembentukan tumor pada penderita kanker prostat.

Hal tersebut telah terbukti melalui penelitian pada tahun 2016 dalam jurnal berjudul Molecular Cancer Research.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler