5 Olahraga Indoor yang Cocok di Musim Hujan

Sabtu, 13 Oktober 2018 – 14:34 WIB
Olahraga. Foto HealthyCare

jpnn.com - Rencana ingin olahraga bisa langsung buyar lantaran hujan. Namun, jangan jadikan hujan sebagai alasan Anda absen berolahraga, dong! Agar tidak basah kehujanan tapi gerak tubuh tetap aktif, untuk sementara beralihlah pada olahraga indoor.

Menurut penjelasan dari dr. Sepriani Timurti Limbong dari KlikDokter, biasanya saat cuaca mendung dan hujan orang lebih memilih bermalas-malasan di rumah. Padahal, aktivitas fisik adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Gaya hidup sedenter – di mana orang lebih banyak duduk dan enggan berolahraga—menyebabkan tubuh kurang bugar dan mudah terserang penyakit.

BACA JUGA: Tak Cuma Olahraga, Makanan Ini Juga Bisa Bakar Kalori

Tentunya Anda tak mau, kan, daya tahan tubuh menurun sehingga cepat sakit saat musim hujan tiba? Jika sedang hujan, lakukanlah olahraga indoor untuk memastikan tubuh tetap bergerak aktif. Lima olahraga indoor di bawah ini bisa menjadi pilihan.

1. Zumba

BACA JUGA: 14 Kiat Turunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Ya, Anda bisa melakukan olahraga zumba di dalam rumah bersama orang-orang terkasih. Bingung tak ada instruktur? Sudah banyak video zumba di YouTube yang bisa Anda jadikan sebagai panduan. Agar lebih semangat, ajak pasangan atau anggota keluarga lainnya.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, zumba setidaknya selama 1 jam dapat membakar hingga 500 kalori. Jika Anda melakukan zumba selama satu jam per hari dan mengurangi porsi makanan sebanyak 500 kalori, itu berarti Anda bisa menurunkan berat badan hingga 1 kg per minggu! 

BACA JUGA: Olahraga yang Boleh Dilakukan Usai Melahirkan

Penurunan berat badan dengan cara ini terbilang relatif cepat, tetapi tetap sehat. Tips tambahan untuk Anda: gunakanlah pakaian olahraga yang nyaman dan menyerap keringat. Selain itu, hindari minum banyak air putih di sela latihan karena akan menimbulkan nyeri pada perut.

2. Yoga

Bukan tipe orang yang menyukai olahraga yang energik? Lakukan saja yoga! Meski tergolong menenangkan (plus latar belakang suara hujan dan bau tanah basah), tapi yoga terbukti ampuh dalam membakar kalori. Bahkan, beberapa studi menyebut rutin berlatih yoga sangat baik untuk penderita hipertensi, penyakit jantung, nyeri otot, sekaligus dapat mengurangi stres. Adapun jenis-jenis yoga yang bisa Anda lakukan di rumah adalah:

- Hatha yoga: yoga bertempo lembut yang berfokus pada teknik pernapasan.
- Vinyasa yoga: lebih dinamis daripada hatha yoga dan bukan untuk pemula.
- Iyengar yoga: pose dalam jenis yoga ini dilakukan dalam durasi yang lebih lama dan umumnya menggunakan alat bantu, seperti yoga block, tali, atau dinding untuk para pemula.
- Ashtanga yoga: terdiri atas enam seri pose dan gerakannya lebih menantang.
- Kundalini yoga: akan membuat Anda melakukan latihan fisik berulang dan latihan napas yang lebih intens.
- Restoratif: gerakannya santai dan lambat dan membutuhkan alat bantu seperti selimut, guling, dan yoga block.

3. Bersepeda statis

Jika Anda memiliki sepeda statis di dalam rumah, manfaatkanlah. Sebab, menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, berolahraga (termasuk bersepeda) dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga 40 persen!

Apalagi biasanya saat musim hujan tiba, tak sedikit orang yang tertular flu karena daya tahan tubuh yang rendah. Oleh sebab itu, bersepeda bisa Anda jadikan sebagai tameng untuk menangkal salah satu penyakit khas musim hujan tersebut.

Selain itu, bersepeda statis selama 1 jam juga disinyalir bisa membakar 400-1.000 kalori tergantung dari intensitasnya dan berat badan Anda. Jadi, jangan biarkan alat olahraga tersebut hanya berada di sudut rumah dan berdebu karena tidak pernah digunakan, ya!

4. Lari di treadmill

Kebiasaan joging di luar rumah terhenti karena hujan? Cobalah untuk sementara waktu beralih ke treadmill. Dilansir dari Livestrong, joging di atas treadmill selama 30 menit dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membakar kalori. Dengan kecepatan 2 mph, kalori yang terbakar sebanyak 183 kalori/jam, sedangkan bila Anda menggunakan kecepatan 3,5 mph, kalori yang dibakar adalah 277 per jam. Ingin lebih cepat lagi? Lari hingga 5 mph atau 8 mph bisa membakar sebanyak 584-986 kalori.

5. Bermain basket

Olahraga ini cocok untuk Anda yang suka permainan secara beregu, baik pria maupun wanita. Meski hujan, tak ada salahnya mengajak keluarga atau sahabat Anda untuk bermain basket di lapangan basket indoor terdekat. Selain seru, dilansir dari Fit and Me, bermain basket bisa meningkatkan kekuatan tulang, membakar banyak kalori (600-900 kalori!), mengajarkan kedisiplinan karena adanya aturan permainan, meningkatkan fungsi kognitif, menghilangkan stres, meningkatkan koordinasi tubuh, meningkatkan kesadaran spasial, hingga bisa melatih kerja sama tim.

Kelima olahraga indoor di atas diharapkan bisa menginspirasi Anda untuk tetap menjaga aktivitas fisik meski musim hujan tiba. Pasalnya, memilih untuk bermalas-malasan saat hujan menerpa bisa bikin daya tahan tubuh menurunkan, sehingga Anda pun jadi gampang sakit. Mau panas atau hujan, olahraga secara rutin jangan sampai ditinggalkan.(RN/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapan Ibu Melahirkan Bisa Mulai Olahraga Lagi?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler