5 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Bikers Saat Musim Hujan 

Selasa, 16 Februari 2021 – 16:07 WIB
Ilustrasi pengemudi memakai jas hujan saat berkendaraan di tengah hujan. Foto: AHM

jpnn.com, JAKARTA - Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky mengingatkan para pengendara, terutama pengguna sepeda motor untuk lebih waspada selama musim hujan dengan intensitas tinggi belakangan ini.

Dia mengatakan, mengendarai sepeda motor saat hujan lebih berisiko karena jalanan cenderung licin dan visibilitas terganggu.

BACA JUGA: Punya Desain Autentik, Brand Kaus Ini Digandrungi Para Bikers

Lucky mengatakan, berkendara saat hujan merupakan aktivitas yang memiliki potensi bahaya cukup tinggi, mulai dari jarak pandang yang berkurang, jalan licin maupun angin kencang yang menerpa pengendara.

"Jadi sangat disarankan apabila hujan makin deras dan kondisi tidak mendukung sebaiknya tidak berkendara dalam hujan, sehingga tetap aman," kata Lucky dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/2).

BACA JUGA: Honda Riding Trainer: Ada Beberapa Potensi Bahaya yang Menghantui Bikers

Lucky menambahkan, para pengguna sepeda motor perlu mempersiapkan perlengkapan pendukung dalam melakukan mobilitas di jalan.

Menurut Lucky, pengemudi juga harus bisa mencermati dalam membawa perlengkapan untuk menghadapi hujan.

BACA JUGA: Menjaga Visibilitas Saat Berkendara di Musim Hujan, Kaca Film Jadi Faktor Penting

Hal itu untuk mendukung keselamatan dan keamanan dalam berkendara.

“Kecermatan sebagai bikers dalam memilih perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan tentu akan makin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara," tutur Lucky.

"Pemilihan warna, desain, dan jenis bahan dapat menjadi pertimbangan agar tetap saling menjaga keselamatan berkendara di jalan,” sambungnya. (ddy/jpnn)

Berikut beberapa perlengkapan bikers yang harus dibawa saat mengendarai sepeda motor di musim hujan: 

1. Jas Hujan

Disarankan untuk memlilih jenis jas hujan model outfit atau setelan bagian bawah dan atas yang terpisah. Dengan memilih model ini, dapat membuat pengendara bebas bergerak dan menghindari potensi bagian jas hujan tersangkut di sepeda motor atau pengguna jalan lain. 

2. Warna Jas Hujan

Pilihan warna yang cerah lebih disarankan agar memudahkan pengguna jalan lain mengidentifikasi sebagai pengendara.

Penggunaan sticker reflective pada jas hujan juga disarankan apabila jas hujan Anda berwarna gelap. 

3. Sarung Tangan

Sarung tangan merupakan salah satu piranti dalam keselamatan berkendara untuk melindungi area tangan dengan tetap menjaga kemampuan pengendalian sepeda motor.

Pilih sarung tangan yang menutupi seluruh ruas jari dan untuk menghadapi kondisi hujan. Pilihlah bahan kulit yang memiliki daya serap air yang rendah, sehingga tidak licin saat harus memutar tuas gas saat hujan dan tetap nyaman dipakai 

4. Sarung Sepatu

Pemilihan sarung sepatu disarankan sesuai dengan ukuran sepatu yang digunakan, sehingga pengikat pada sarung sepatu pun dapat lebih kuat dan tidak mudah lepas ketika mengikuti pergerakan sepatu.

Telapak sarung sepatu memiliki cengkraman yang baik seperti halnya sepatu untuk menghindari terpeleset di bar step saat melakukan pengereman, maupun saat menapak.

ebagai pilihan lain, bikers juga dapat menggunakan sepatu berkendara yang memang dirancang antiair. 

5. Cairan Anti-Embun

Penggunaan cairan anti embun juga dapat menjadi pilihan untuk digunakan pada kaca helm, sehingga mengurangi potensi menurunnya ketajaman mata saat berkendara karena munculnya embun di kaca helm.

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler