5 Perwira Senior Rusia Tewas di Ukraina, Ada yang Baru Jadi Jenderal

Jumat, 18 Maret 2022 – 18:16 WIB
Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky pada 28 Februari 2022 jadi petinggi militer Rusia pertama yang gugur dalam invasi ke Ukraina. Foto: Sergei Malgavko/TASS

jpnn.com, MOSKOW - Empat mayor jenderal Rusia termasuk di antara perwira senior yang dibunuh oleh pejuang Ukraina sejak invasi dimulai.

Invasi Kremlin, yang diluncurkan pada 24 Februari, telah memakan banyak korban di kedua belah pihak, tetapi Rusia tampaknya menderita lebih banyak korban.

BACA JUGA: Jepang Memergoki 4 Kapal Perang Rusia Bergerak Menuju Eropa

Kematian terbaru adalah Kolonel Sergei Sukharev, seorang komandan pasukan terjun payung.

Kematian jenderal pertama terjadi hanya empat hari setelah invasi, dan hanya dalam tiga minggu setelah itu, sejumlah pemimpin militer Rusia tewas dalam pertempuran.

BACA JUGA: Rusia Berhasil Habisi Sniper Paling Menakutkan di Dunia? Ada Istilah Psyops

Moskow hanya mengkonfirmasi kematian satu jenderal, tetapi laporan menunjukkan tentara Ukraina telah berhasil dalam upayanya untuk menargetkan petinggi militer Rusia.

Beberapa komandan Rusia yang tewas dikatakan telah datang ke garis depan, sesuatu yang biasanya mereka lakukan jika ada masalah dalam pengambilan keputusan, atau senioritas mereka diperlukan untuk membuat pasukan maju.

BACA JUGA: SBY Suarakan Gencatan Senjata Demi Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Perang Rusia-Ukraina

Sumber-sumber Barat mengatakan bahwa banyak jenderal terbunuh karena mereka didorong lebih dekat ke garis depan dari biasanya demi meningkatkan moral tentara Rusia.

Di bawah ini adalah pejabat militer Rusia paling senior yang tewas di Ukraina sejauh ini:

 

1. Kolonel Sergei Sukharev - 18 Maret

Kolonel Sergei Sukharev, salah satu komandan pasukan terjun payung top Rusia, adalah orang terakhir yang terbunuh, dalam pukulan lain terhadap upaya perang yang melemahkan Vladimir Putin.

Kolonel, dari Resimen Serangan Parasut Pengawal ke-331 dari Kostroma, dipastikan tewas oleh TV pemerintah di Moskow pada 18 Maret.

Komandan resimen udara telah memainkan peran kunci dalam Pertempuran Ilowaysk, yang merupakan satu-satunya korban jiwa terbesar bagi Ukraina selama perangnya melawan separatis yang didukung Rusia sebelum invasi.

Kematiannya pertama kali dilaporkan oleh Pusat Komunikasi Strategis dan Keamanan Informasi Ukraina pada 17 Maret sebelum kemudian dikonfirmasi.

Pernyataan Ukraina berbunyi: "Komandan Resimen Lintas Udara Kostroma, Kolonel Sergei Sukharev ... tersesat dalam 'latihan [militer]', tetapi kembali ke rumah dengan cara yang benar."
Kota Ukraina selatan telah melihat beberapa pemboman Rusia yang paling tanpa henti dan serangan udara, tetapi belum diambil oleh pasukan Putin.

Wakilnya Mayor Sergei Krylov tewas di sampingnya, kata laporan itu dan Sukharev hanya bertanggung jawab atas resimen yang ditakuti sejak Oktober.

Mereka termasuk di antara sejumlah yang terbunuh dari resimen Kostroma yang “agung”, yang dianggap sebagai salah satu pasukan tempur paling elit Rusia.

2. Mayor Jenderal Oleg Mityaev - 15 Maret

Mayor Jenderal Oleg Mityaev adalah jenderal keempat yang tewas dalam invasi Rusia ke Ukraina sejauh ini.

Dia terbunuh bersama dengan sejumlah pejuang pasukan khusus elite ketika mereka mencoba dan gagal untuk merebut Mariupol.

Kota Ukraina selatan telah melihat beberapa pemboman Rusia yang paling tanpa henti dan serangan udara, tetapi belum diambil oleh pasukan Putin.

Gambar mayat pria berusia 47 tahun itu dirilis oleh Kyiv pada 15 Maret dan Moskow belum mengomentari kematiannya.

3. Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov - 11 Maret

Jenderal Andrei Kolesnikov, dari Tentara Gabungan ke-29 Distrik Militer Timur, tewas dalam pertempuran pekan lalu, pada 11 Maret.

Dia termasuk di antara 20 jenderal Rusia yang diketahui memimpin invasi ke Ukraina.

Kolesnikov baru dipromosikan pada Desember 2021.

Dia sebelumnya adalah seorang letnan kolonel dan kepala staf Divisi Tank Pengawal ke-4, yang personelnya terlibat di Kosovo dan dalam perang Chechnya kedua.

4. Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov - 7 Maret

Kepala Direktorat Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov tewas pada Senin, 7 Maret bersama dengan beberapa perwira lainnya.

Gerasimov, wakil komandan pertama tentara ke-41 Rusia, adalah jenderal kedua Putin yang tewas dalam invasi tersebut.

Pernyataan itu berbunyi: “Kerugian lain di antara staf komando senior tentara pendudukan."

“Selama pertempuran di dekat Kharkiv, Vitaly Gerasimov, seorang pemimpin militer Rusia, mayor jenderal, kepala staf dan wakil komandan pertama Angkatan Darat ke-41 Distrik Militer Pusat Rusia terbunuh.

"Sejumlah perwira senior militer Rusia juga tewas dan terluka."

Gerasimov, 45, telah bertempur dengan pasukan Rusia di Suriah dan Chechnya dan telah mengambil bagian dalam perebutan Krimea pada tahun 2014.

5. Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky - 28 Februari

Andrei Sukhovetsky, seorang jenderal berpangkat tinggi Rusia, adalah tokoh senior pertama yang dipastikan tewas dalam pertempuran di Ukraina.

Sebagai mayor jenderal dia hanya duduk empat posisi di bawah Marsekal Federasi Rusia, yang menjalankan seluruh angkatan bersenjata.

Para ahli mengatakan kematiannya akan menjadi pukulan pahit bagi komando militer Rusia dan akan menjadi umpan balik bagi Putin sendiri.

Sukhovetsky adalah komandan jenderal Divisi Lintas Udara ke-7 Rusia dan wakil komandan Angkatan Darat Gabungan ke-41.

Dia adalah korban paling senior yang diketahui ketika dia meninggal pada 28 Februari, hanya beberapa hari setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Sukhovetsky adalah penerjun payung yang sangat dihormati, terkenal karena memimpin misi pelatihan di "wilayah yang bermusuhan".

Sebuah sumber militer mengatakan dia telah dibunuh oleh penembak jitu.

"Dengan sangat sedih kami menerima berita tragis tentang kematian teman kami Mayor Jenderal Andrei Sukhovitsky selama operasi khusus di Ukraina," kata pernyataan orang dalam Kremlin.

"Kami mengirimkan hati kami untuk keluarganya. Belasungkawa terdalam saya."

Sukhovetsky juga mengambil bagian dalam kampanye militer Rusia di Suriah. (mirror/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler