5 Software Akuntansi Terbaik bagi Perusahaan, Nomor 1 Banyak Fitur Menarik

Rabu, 31 Agustus 2022 – 12:16 WIB
Aplikasi akuntansi online besutan Jurnal by Mekari bisa menjadi penunjang kesuksesan bisnis Anda. Foto: tangkapan layar lamar Jurnal by Mekari

jpnn.com, JAKARTA - Software akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca dan berbagai bentuk laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

Dengan banyaknya transaksi jual beli yang ada, belum lagi jika ditambah dana operasional produksi, semuanya membutuhkan suatu perhitungan yang cermat, cepat namun tetap akurat.

BACA JUGA: 8 Keuntungan Menggunakan Software HRD untuk Perusahaan, Simak!

Karena itulah software akuntansi ini akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam mengolah laporan keuangannya.

Apalagi software akuntansi saat ini telah mengembangkan teknologinya dengan menggunakan cloud system dimana dengan menggunakan teknologi tersebut, Anda dapat mengakses data akuntansi kapan dan dimana saja dengan data yang ditampilkan secara up-to-date atau real time.

BACA JUGA: Sebelum Membeli Sistem Pencatatan Akuntansi, Pertimbangkan Hal Ini Dahulu ya

Manfaat Software Akuntansi

Dengan adanya bantuan software ini, kita mendapatkan beberapa manfaat yang akan langsung dapat kita rasakan. Misalnya, memudahkan pengerjaan laporan keuangan dalam waktu singkat, terhindar dari kesalahan perhitungan, kita hanya perlu memperbaikinya tanpa harus memulai dari awal jika terjadi kesalahan input data, dan meningkatkan efisiensi pekerjaan.

BACA JUGA: Job Fair Kembali Hadir, Para Pencari Kerja Siap-Siap ya, Ini Lokasi dan Waktunya

Kemudian, seluruh proses akan berjalan secara otomatis, kita hanya perlu menginput data atau transaksi, membantu dalam pengambilan keputusan bisnis dengan tepat karena data yang disajikan akurat, mengetahui kondisi keuangan bisnis setiap saat secara real time,

Ada lima rekomendasi software akuntansi yang bisa menjadi pilihan bagi pengusaha maupun perusahaan.

1. Jurnal by Mekari

Bagi yang sedang mencari software akuntansi terbaik bisa mempertimbangkan untuk menggunakan software besutan Jurnal by Mekari. Software yang satu ini terbukti dapat membantu pekerjaan terkait akuntansi perusahaan secara mudah dan cepat.

Selain itu juga bebas dari risiko kesalahan karena dapat melakukan berbagai pencatatan keuangan secara akurat dan otomatis.

Dilengkapi fitur dasbor yang interaktif, tentunya software Jurnal by Mekari dapat membantu memberikan informasi terkini pada para pengguna dengan mudah dan ringkas melalui aneka macam perangkat yang dipilih.

Maka dari itu tidak heran jika software akuntansi online yang satu ini banyak digunakan oleh banyak perusahan di Indonesia.

Seperti yang disajikan di halaman situsnya www.jurnal.id/id/, software akuntansi online ini dibalut dengan berbagai fitur yang menarik. 

Fitur-fitur yang dapat ditemui saat memutuskan untuk menggunakan Jurnal by Mekari adalah sebagai berikut:

Fitur laporan bisnis dan keuangan, dimana berkat fitur ini maka perusahaan dapat memilih dari antara berbagai template untuk menyiapkan laporan keuangan sesuai kebutuhan perusahaan.

Fitur akuntansi yang membantu perusahaan melakukan proses pembukuan secara otomatis dan minim kesalahan.

Fitur kas dan transaksi, yang mana fitur ini merupakan fitur untuk membantu melacak serta mengawasi jalannya transaksi dalam perusahaan secara real-time. Termasuk melakukan rekonsiliasi terhadap bank sehingga memberikan informasi yang otomatis dan mudah.

Fitur invoice untuk membantu perusahaan dalam membuat serta menerbitkan invoice dengan mudah yang nantinya akan langsung terintegrasi dengan laporan keuangan yang dibuat.

Fitur produk dan inventory, di mana dengan fitur ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola seluruh produk yang ada secara optimal.

Fitur biaya dan anggaran yang membantu dalam mengelola seluruh biaya yang harus dibayar maupun bentuk pengeluaran lainnya secara efektif dan efisien.

Fitur perpajakan yang didukung dengan regulasi pajak di Indonesia. Sehingga memudahkan perusahaan dalam melakukan perhitungan pajak secara akurat dan membantu pembuatan faktur secara mudah.

Fitur mobile app yang memudahkan siapa saja untuk memantau kondisi keuangan perusahaan kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi yang terinstal pada gadget terpilih.

2. Equip

Selanjutnya untuk yang mencari software akuntansi online terbaik juga dapat memperhitungkan untuk menggunakan Equip. 

Software ini merupakan salah satu software besutan Singapore yang awalnya dikembangkan oleh Hash Micro pada tahun 2008. 

Software ini mulai digunakan oleh berbagai negara yang lain termasuk juga digunakan oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia. Sebut saja Astra Finance, Yokohama, dan lain sebagainya.

Banyak fitur yang dapat diperoleh saat menggunakan software akuntansi tersebut. Mulai dari fitur untuk mengelola faktur dan pembayaran nota kredit, hingga fitur perhitungan pajak yang dapat menyesuaikan dengan regulasi pajak masing-masing negara. 

3. SAP Success Factor

Selanjutnya ada pula software akuntansi online asal Jerman yaitu SAP Success Factor. Software ini tercatat memiliki lebih dari 300 ribu pengguna yang ada di seluruh penjuru dunia. Sehingga tidak mengherankan jika software akuntansi online yang satu ini termasuk yang cukup favorit di dunia.

Terutama karena program tersebut menggunakan sistem yang berbasis cloud, sehingga memudahkan pengguna untuk memakai aplikasi ini melalui berbagai macam gadget yang dipilih.

Dengan menggunakan SAP Success Factor, perusahaan dapat memperoleh berbagai macam keuntungan dari fitur-fiturnya yang menarik. Mulai dari fitur pembuatan laporan keuangan secara real-time, hingga fitur manajemen utang piutang dan manajemen kredit.

Berkat penggunaan SAP Success Factor, perusahaan juga dapat memperoleh laporan secara real time yang akurat. Sehingga sewaktu-waktu diperlukan maka perusahaan dapat memperoleh gambaran kondisi keuangan saat itu dengan cepat dan mudah.

4. Zoho Books

Selanjutnya ada juga software akuntansi online besutan dari Zoho Books. Software ini termasuk salah satu yang cukup laris di pasaran dan banyak disukai oleh banyak pebisnis dalam penggunaannya.

Dengan biaya yang relatif murah, tentunya hal tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang membuat pebisnis tertarik untuk menggunakan Zoho Books dalam menunjang aktivitas akuntansi perusahaannya.

Dengan menggunakan program akuntansi tersebut, perusahaan dapat mengelola seluruh keuangan perusahaan secara optimal.

Mulai dari proses transaksi keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran, hingga membantu melakukan penagihan kepada para konsumen secara otomatis.

Xero

Apabila sedang mencari software akuntansi online yang praktis serta memiliki banyak fitur menarik, maka dapat juga untuk mempertimbangkan penggunaan Xero. Mungkin masih banyak yang kurang mengerti seperti apa program ini berjalan.

Secara umum, program ini menawarkan program akuntansi dengan layanan berbasis cloud yang dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, ataupun laptop.

5. Book Keeper

Terakhir bagi yang mencari software akuntansi online yang dapat digunakan maka bisa memilih untuk menggunakan Bookkeeper.

Program yang satu ini memiliki cukup banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan tercatat memiliki lebih dari 500 ribu pengguna di berbagai negara di dunia.

Dengan tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti, tentu saja software ini menjadi favorit kebanyakan perusahaan terutama para pebisnis pemula dalam mengelola sistem keuangan yang efektif dan efisien.

Book Keeper menawarkan program gratis yang dapat diakses selama 30 hari dan kemudian barulah pengguna diminta untuk membayarkan sejumlah biaya kurang lebih sebesar $70 per bulannya.

Itulah beberapa rekomendasi software akuntansi online untuk bisnis di Indonesia yang dijamin dapat membantu seluruh proses akuntansi perusahaan secara optimal.

Sehingga nantinya segala pencatatan keuangan di dalam perusahaan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Resiko kesalahan dapat diminimalkan, serta perusahaan dapat melakukan hal ini secara mudah kapan saja dan dimana saja.

Berkat dukungan teknologi yang menarik tersebut, tentunya pekerjaan akuntansi yang harus dilakukan oleh tim keuangan perusahaan dapat berjalan lebih mudah. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler