Dua gadis muda yang hilang dan bertahan 19 jam di hutan dingin di negara bagian New South Wales (NSW) pada akhir pekan lalu, telah mendapat pujian atas keterampilan bertahan hidup yang mereka miliki.

Marley Aplin dan temannya, Rhianna, saling berpelukan agar tetap merasa hangat dan saling terus menyemangati ketika mereka tersesat di Ophir Reserve, sebelah utara Orange, NSW.

BACA JUGA: Belajar Masakan Indonesia-Filipina Ala Ekspat Australia

Mereka juga membuat tempat tidur dari pasir dan dedaunan yang menurut Caro Ryan, manajer pencarian di Skuad Penyelamatan Penjelajah Hutan Liar, adalah "ide yang cerdas" untuk menjaga diri mereka dari dinginnya tanah.

Caro mengatakan, siapa saja yang suka berkemah atau jalan-jalan menyusuri hutan harus benar-benar siap sebelum berpetualang dan harus menghindari untuk pergi sendirian.

BACA JUGA: Delapan Pesan untuk PM Turnbull di Kepemimpinan Mendatang

Ia juga menyarankan agar orang tua berbicara dengan anak-anak mereka tentang apa yang harus dilakukan jika mereka tersesat, dan berbagi tips terbaik untuk bertahan di hutan jika ada hal-hal yang tak berjalan sesuai rencana.

1. Berpikir sebelum anda berpetualang

BACA JUGA: Dokter Hewan Dipecat karena Ungkap Kondisi Ternak di Kapal

Think Before You Trek (Berpikir Sebelum Anda Berpetualang) adalah sebuah inisiatif yang digagas oleh Kepolisian New South Wales serta Taman Nasional dan Layanan Satwa Liar (NPWS) untuk mendorong keamanan hutan.

lnisiatif ini merekomendasikan para petualang untuk menggunakan sejumlah tips berikut:

- Ambil pasokan makanan, air, navigasi dan peralatan pertolongan pertama dengan cukup

- Daftarkan rute anda dan beritahu teman-teman dan keluarga kapan penjelajahan anda selesai

- Khusus Australia: lentera darurat atau pelacak lokasi personal (PLB) biasanya disediakan secara gratis oleh kepolisian NSW dan NPWS

- Tetap ikuti rute yang direncanakan dan ikuti peta serta jalur berjalan.

Caro mengatakan, pelacak lokasi darurat itu sangat berguna.

"Jika Anda berada di tempat di mana telepon Anda tak bisa bekerja seperti di Blue Mountains, lembah dan parit dalam yang tak akan terjangkau sinyal, misalnya, ketika ada yang salah Anda bisa menekan tombol dan kami akan datang dan menjemput Anda," jelasnya.

2. Cari tempat yang lebih tinggi

Caro mengatakan, jika Anda mulai tersesat, tetapkan batas waktu untuk mencoba dan menemukan jalur semula anda.

Ia menyarankan agar Anda mencari kembali jalur anda selama 15 menit dan jika Anda tak bisa menemukannya, tetap di tempat.

"Coba cari dan pergi ke tempat yang lebih tinggi dan terus coba telepon seluler anda," sebutnya.

Ia menyambung, "Tapi, dengan tetap berada di tempat terakhir juga hal yang benar-benar kunci."

Caro juga mengatakan, penting untuk membiarkan seseorang tahu kemana anda pergi mengingat itu akan membantu tim penyelamat menentukan lokasi terakhir Anda.

3. Pakailah pakaian yang tepat

Pakaian berwarna cerah adalah yang terbaik, pakaian berwarna samar sebaliknya, tidak.

"Kecuali seseorang menembaki Anda, jangan memakai warna pucat di hutan," ujar Caro.

"Warna-warna cerah adalah baju terbaik untuk dipakai di hutan," imbuhnya.

Ia juga menganjurkan memakai pakaian berlapis, terutama di musim dingin, karena mereka lebih mudah untuk dilepas ketika udara menjadi hangat, tetapi juga memberikan isolasi yang lebih baik.

Caro mengatakan, jaket tahan angin dan tahan air akan selalu berguna.

4. Siapkan peralatan

Selain membawa makanan dan air, Caro mengatakan, mengemas beberapa item penting tambahan yang ringan adalah cara sederhana untuk memastikan Anda aman jika Anda tersesat.

Beberapa barang termasuk korek untuk menyalakan api agar tetap hangat, selimut darurat, kompas, peta dan kamera.

"Jika Anda mengambil foto dengan flash dan membiarkan lampunya menyala, itu adalah cara yang sangat berguna agar helikopter melihat Anda di hutan," jelas Caro.

Ia mengatakan, daun pakis, yang ditemukan di hutan, bagus untuk membuat tubuh tetap hangat -mengingat Marley dan Rhianna menggunakannya ketika mereka bermalam di hutan.

"Cabut daun pakis dan tumpuk mereka menjadi tumpukan besar setinggi lutut Anda, lebih sedikit. Itu tak hanya menjadi jauh lebih lembut tapi akan memberikan isolasi yang baik terhadap tanah," terangnya.

5. Terakhir, jangan panik

Walau tersesat di hutan bisa menjadi sesuatu yang menakutkan, Caro mengatakan, salah satu strategi terbaik adalah untuk mencoba dan menjaga pikiran Anda lepas dari kenyataan bahwa Anda hilang.

"Jika Anda mengatakan kepada seseorang ke mana Anda akan pergi, ketahui bahwa kami akan mencari Anda. Selidiki daerah sekitar Anda sepanjang beberapa meter, jelasnya.

"Tetap tenang, ingat-ingat beberapa cerita, pikirkan kenangan indah," tambahnya.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan dan diperbarui: 19:20 WIB 03/08/2016 oleh Nurina Savitri.

BACA ARTIKEL LAINNYA... ELL: Bagaimana Anda Merayakan Ulang Tahun

Berita Terkait