5 Tips Merawat Vespa Kesayangan Selama PSBB

Sabtu, 25 April 2020 – 03:25 WIB
Ilustrasi, Vespa Sprint carbon. Foto: Ridha/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perpanjangan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), otomatis membuat kita jadi lebih lama di rumah aja, dan Vespa kesayangan pun akan leboh lama diam.

Bagi para pemilik Vespa, tentunya pengin melakukan perawatan agar tunggangan kesayangannya tetap dalam kondisi terbaik.

BACA JUGA: Z-Scooter, Skuter Listrik Unik Bawa Ikon Vespa Paperino 1945

Berikut ini ada beberapa tips bagi para pencinta Vespa untuk melakukan perawatan mandiri di rumah.

1. Perhatikan kebersihan

BACA JUGA: Tips Memaksimalkan Rem Tromol di Motor Bebek

Saat Anda lebih punya banyak waktu di rumah, pastikan Vespa lebih terawat dengan mengelap atau mencucinya sendiri.

Selain itu, membuat Vespa lebih bersih, Anda akan lebih teliti dalam menemukan kemungkinan kerusakan seperti lecet atau goresan pada bodi ataupun bagian mesin yang rembes oleh oli, cairan rem, atau cairan radiator.

BACA JUGA: Komedian Ini Lelang Vespa GTS 150 untuk Bantu Atasi Corona

2. Gunakan peralatan yang tepat untuk mencuci

Cuci Vespa dengan menggunakan wash mitt atau kain berserat mikro (microfiber), agar tidak menyebabkan goresan pada bodi.

Bilas Vespa dengan air mengalir secara perlahan dan dimulai dari bagian atas lalu ke bagian bawah dengan seksama.

Selanjutnya, bersihkan bagian permukaan mesin, knalpot dan roda. Hati-hati untuk bagian kelistrikan saat mencuci Vespa. Kemudian keringkan guna mencegah karat dan korosi.

Untuk pengeringan dapat menggunakan kain microfiber untuk mengurangi risiko lecet atau gores pada bodi Vespa.

3. Perawatan ban

Merawat ban penting guna memastikan keawetan ban dan tetap dapat memberikan performa serta kestabilan yang baik ketika Vespa digunakan.

Gunakan alat ukur tekanan ban untuk memeriksa tekanan angin pada ban dan cek dengan teliti kondisi fisiknya.

Selalu gunakan standar tengah saat motor terparkir di rumah, menghindari tekanan berlebihan pada ban dalam jangka waktu lama.

Jangan lupa berikan alas pada bagian bawah roda depan agar ban tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Hal ini dapat membuat tekanan angin dalam ban tidak mudah berkurang.

4. Panaskan Vespa secara rutin

Rutin memanaskan Vespa bertujuan agar mesin selalu terlumasi dengan baik sehingga perfoma dari mesin tetap maksimal kapanpun dibutuhkan.

Cara memanaskan Vespa yang baik adalah dengan memanaskannya kurang lebih 5 menit untuk membuat oli bersirkulasi agar bagian dalam mesin terhindar dari karat.

5. Cabut aki jika tidak dipakai dalam waktu yang lama

Mencabut aki jika Anda berencana untuk tidak memakai Vespa Anda dalam waktu lama adalah solusi untuk penghematan aki. Minimal 1 bulan atau lebih.

Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga bisa habis.

Cukup melepas kabel dari kutub Negatif aki, dan apabila aki harus dilepas dari kendaraan pastikan agar aki Vespa disimpan di tempat yang sejuk dan kering, jauh sinar matahari dan benda mudah terbakar.

Bagi pemilik Vespa, bisa ikutan kompetisi digital dengan mengabadikan aktivitas Anda bersama tunggangan kesayangan di rumah, lalu follow akun @Vespa_ind dan mengunggah foto yang telah diabadikan ke akun Instagram masing-masing.

Jangan lupa untuk me-mention @Vespa_ind dan 3 teman Anda dan sertakan tagar #LiveMoreAtHome dan #DiRumahAjaBersamaVespa. Hadiah menarik berupa merchandise resmi Fila X Vespa. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler