5 Trik Jitu Atasi Kelelahan di Tempat Kerja

Senin, 09 Juli 2018 – 15:52 WIB
Seorang tertidur karena kelelahan. ILUSTRASI. Foto: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - Anda merasa lelah, letih dan tidak bergairah di tempat kerja?

Itu merupakan tanda bahwa Anda mengalami burnout alias kelelahan dalam bekerja.

BACA JUGA: 5 Cara Sederhana untuk Mengatasi Kelelahan

Apakah itu aneh? Tidak! Itu hal lumrah yang dialami semua pekerja, bahkan seorang freelancer sekalipun.

Namun Anda tidak boleh membiarkan burnout bersarang dalam diri Anda terlalu lama, bahkan kalau perlu hindari burnout sebisa mungkin.

BACA JUGA: 10 Pemudik Meninggal di Tengah Kemacetan

Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara mudah untuk menghindarinya, seperti dilansir laman Care2, Minggu (8/7).

1. Fokus pada tujuan

Kadang-kadang daftar hal yang harus dilakukan begitu lama sehingga Anda merasa Anda akan kehabisan napas. Anda bisa mulai dari yang kecil dan memotong komponen-komponen terkecil.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa pengaturan dan pencapaian tujuan kecil bisa mengarah pada peningkatan tingkat dopamin di otak dan bahwa kemajuan biasa dan bertahap bisa meningkatkan keterlibatan orang dalam pekerjaan dan kebahagiaan mereka selama hari kerja.'

2. Ambil waktu untuk diri sendiri

Mintalah hari istirahat jika Anda membutuhkan satu atau setengah hari untuk melakukan apa pun selain makan es krim favorit Anda, pergi untuk berlari atau bertemu teman untuk makan siang di tempat baru yang keren.

Melakukan hal tersebut akan membuat Anda akan kembali segar dan bersemangat keesokan harinya.

Pastikan untuk cukup tidur setiap malam juga, karena hal ini memiliki pengaruh besar pada kesejahteraan dan kinerja mental seseorang.

3. Coba bermeditasi

Sebuah studi Denmark 2009 menemukan bahwa meditasi jangka panjang dikaitkan dengan peningkatan kepadatan materi abu-abu di batang otak, bagian dari otak yang tampaknya berkorelasi positif dengan berbagai kemampuan dan keterampilan, sehingga bisa membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik sambil memberi Anda waktu yang berharga sendirian.

Jika meditasi benar-benar bukan urusan Anda, maka berusahalah untuk tidak terganggu, waktu kerja yang sangat terfokus, ketika Anda tidak memikirkan hal lain di tangan atau menanggapi tuntutan dari luar.

4. Aktif

Jumlah ini sebagian karena meluangkan waktu untuk diri sendiri, tetapi juga merupakan pereda stres yang fantastis dan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan suasana hati Anda.

Sulit untuk merasa frustrasi atau tegang setelah sesi latihan angkat beban yang berkeringat atau jangka panjang.

5. Bicara dengan seseorang

Berinteraksi dengan manusia lainnya - tatap muka, bukan di telepon Anda - adalah penghilang stres yang dikenal lainnya.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
kelelahan  

Terpopuler