6 Buah yang Ampuh Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jumat, 01 Juli 2022 – 06:09 WIB
Jeruk. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - TEKANAN darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja.

Tekanan darah tinggi biasanya terjadi akibat Anda terlalu stres, emosi secara berlebihan, mengonsumsi makanan kaya garam dan lainnya.

BACA JUGA: Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan 3 Teh Herbal Ini

Jika Anda telah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi, dokter mungkin merekomendasikan obat-obatan tertentu bersama dengan modifikasi gaya hidup.

Baik obat-obatan dan langkah-langkah gaya hidup ini memiliki tempat yang berbeda dalam manajemen tekanan darah dan harus diikuti seperti yang disarankan oleh dokter Anda.

BACA JUGA: Konsumsi 6 Buah Ini, Kesehatan Usus Anda Akan Selalu Terjaga

Buah-buahan, karena seratnya yang tinggi, antioksidan, dan kandungan mineral tertentu (seperti kalium dan magnesium), memainkan peran penting dalam mencegah dan mengelola penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Medicinenet.

BACA JUGA: 7 Minuman Sehat Ini Ampuh Turunkan Tekanan Darah Tinggi

https://www.medicinenet.com/best_fruits_for_lowering_blood_pressure/article.htm.

1. Jeruk

Buah ini kaya akan antioksidan termasuk vitamin C dan flavonoid yang membantu meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Jeruk juga kaya serat dan potasium dan rendah sodium. Semua kualitas ini membuat mereka sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

2. Berry

Semua buah beri, terutama blueberry, sarat dengan senyawa antioksidan dan polifenol yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

3. Pisang

Makanan super ini kaya akan nutrisi, seperti potasium, serat, magnesium, dan antioksidan yang membantu mengelola tekanan darah tinggi.

4. Delima

Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam buah delima membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol darah.

Delima juga bisa meningkatkan aliran darah yang sehat, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Plum

Buah ini kaya potasium dan rendah sodium, yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

6. Melon

Melon menyediakan sejumlah besar vitamin C, potasium, folat, dan serat, yang membantu mengelola tekanan darah dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler