6 Cara ini Bisa Menghilangkan Komedo Hitam

Sabtu, 17 Oktober 2020 – 04:50 WIB
Wajah (ilustrasi). Foto: Prevention

jpnn.com - Selama ini, terdapat dua jenis komedo yang umum dikenal, yakni blackhead (komedo hitam) dan whitehead (komedo putih). Karena berwarna gelap, komedo hitam biasanya dianggap lebih mengganggu penampilan dibandingkan komedo putih.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan komedo hitam yang mengganggu ini?

BACA JUGA: Hilangkan Komedo dengan Bahan-bahan Alami ini

Cara Usir Komedo Hitam

Komedo hitam biasanya muncul di area tubuh yang berminyak, seperti hidung, dagu, dan bahkan punggung. Wajar bila Anda merasa tidak nyaman dengan kehadirannya. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Menurut dr. Devia Irine Putri, ada beberapa cara mengatasi komedo hitam, antara lain:

BACA JUGA: Mengatasi Jerawat dengan Aseton, Amankah?

1. Rajin Mencuci Muka

“Sebenarnya, baik komedo putih maupun hitam, bisa mudah dihilangkan. Asalkan Anda rajin menjaga kebersihan dan merawat wajah dengan baik,” kata dr. Devia.

BACA JUGA: ASICS Luncurkan Seri Sepatu Olahraga Legendaris, GEL-KAYANO TM 27, Sebegini Harganya

Sebaiknya, cuci wajah dua kali sehari untuk membersihkan kotoran pada kulit. Tapi ingat ya, jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa menyebabkan kulit iritasi.

2. Lakukan Eksfoliasi secara Rutin

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati bisa mencegah timbulnya berbagai masalah kulit. Sebab, tumpukan kulit mati selama ini menjadi biang kemunculan komedo hitam. Eksfoliasi bisa Anda lakukan seminggu sekali.

Rutinitas tersebut juga tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit iritasi.

3. Pilih Make up atau Skin Care yang Non-comedogenic

Make up dan produk perawatan kulit bertipe non-comedogenic baik dipilih untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Seperti yang diketahui, komedo hitam rentan muncul pada kulit berminyak.

Hindari juga mengenakan riasan yang terlalu tebal karena dapat menutup pori-pori wajah.

4. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid atau Retinoid

Biasanya, dua produk perawatan yang mengandung salicylic acid atau retinoid dijual secara bebas dan baik digunakan. Kandungan tersebut dipercaya dapat membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Akan tetapi, jika tipe kulit Anda termasuk yang sensitif, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter kulit untuk mencari tahu cara penggunaan yang tepat.

5. Lakukan Ekstraksi, Mikrodermabrasi, dan Peeling

Tiga tindakan tersebut juga mampu mengatasi blackhead. Ekstraksi lebih baik dilakukan di tempat yang terjamin kebersihannya. Misalnya, di dokter kulit atau klinik kecantikan tepercaya.

Sementara itu, mikrodermabrasi dan peeling dilakukan untuk mengelupas lapisan sel kulit kering dan mati di wajah. Dengan demikian, dapat memberi kesempatan tumbuhnya sel kulit baru.

6. Lakukan Perawatan Rumahan

Cara menghilangkan komedo hitam selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan wajah rumahan. Misalnya, memakai strip komedo (pore pack) atau dengan masker putih telur.

Pore pack mampu mengangkat kotoran pada lapisan kulit atas. Sementara itu, kandungan alami pada masker putih telur dipercaya mampu menyerap banyak minyak dan mengangkat sel kulit mati.

Mencegah Komedo Hitam Datang Lagi

Pada dasarnya, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Pun dengan komedo hitam, kemunculannya juga dapat dicegah.

Selain tentunya menjaga kebersihan kulit wajah setiap hari, dr. Devia menyarankan agar Anda menjalankan pola hidup sehat. Sebagai contoh, makan makanan bergizi dan menghindari asupan berlemak. Makanan berlemak dapat memicu timbulnya komedo hitam.

“Menghindari kebiasaan buruk juga (bisa). Misalnya merokok, kurang tidur. Jadi, selain jaga makan, juga harus olahraga, dan  minum air putih yang cukup,”  sebut dr. Devia.

Selain itu, dr. Devia menambahkan, Anda tidak disarankan untuk memencet-mencet komedo hitam. Sebab, hal tersebut mungkin justru memindahkan bakteri ke kulit. Bisa saja, tindakan ini berujung infeksi bakteri.

Dengan menerapkan pola hidup sehat, peluang Anda terbebas dari komedo hitam semakin terbuka.(HNS/JKT/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler