6 Hal ini Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes

Rabu, 25 Januari 2017 – 19:55 WIB
Ilustrasi. Foto healthyaim

jpnn.com - jpnn.com - Kebanyakan orang cuek dengan kesehatannya. Dan baru sadar ketika mereka merasakan sakit.

Penyakit yang paling banyak menyerang secara diam-diam yakni diabetes.

BACA JUGA: Cerita Istri yang Hobi Pemanis Berujung Pengadilan

Untuk itu, Anda harus menjaga pola makan dan gaya hidup lebih baik. Berikut beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko terkena diabetes, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Selasa (24/1).

1. Sejarah keluarga.

BACA JUGA: Waspada, 6 Tanda Anda Kecanduan Gula

Riwayat keluarga merupakan salah satu faktor yang secara otomatis meningkatkan risiko Anda didiagnosis dengan diabetes, khususnya, mereka yang memiliki orangtua atau saudara yang telah menderita diabetes sebelumnya.

2. Pertambahan usia.

BACA JUGA: Enam Makanan Ini Baik Untuk Penderita Diabetes

Memang benar, bertambahnya usia semakin meningkatkan kesempatan mengembangkan diabetes. Statistik menunjukkan bahwa pada 2012, kebanyakan orang yang baru didiagnosis diabetes berusia 45 dan 64 tahun.

Tapi hanya karena orang-orang muda tidak memiliki risiko tinggi, tidak berarti mereka tidak mungkin didiagnosis dengan diabetes. Selama tahun yang sama, ada 371 ribu kasus baru diabetes pada orang 20 tahun dan 44 tahun.

3. Ras tertentu.

Menurut Mayo Clinic, beberapa etnis lebih rentan terhadap diabetes. Ini termasuk atnis Indian- Amerika, Afrika-Amerika, Hispanik dan Asia Amerika.

4. Kelebihan berat badan.

Menurut MedicineNet, kelebihan berat badan menekan bagian dalam sel yang bisa mengakibatkan resistensi insulin. Hal ini mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh dan membuat Anda lebih rentan terhadap diabetes.

Untungnya, Anda bisa mengontrolnya dengan tetap menjaga berat badan yang sehat.

5. Kurang aktif.

Menjadi aktif adalah bagian penting dari gaya hidup sehat secara umum, sehingga tidak mengherankan jika Anda kurang aktif maka semakin besar kemungkinan terkena diabetes.

Sebuah studi menemukan bahwa setiap jam yang dihabiskan menonton televisi, risiko diabetes meningkat sebesar 3,4 persen.

6. Memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Sayangnya, memiliki kondisi kesehatan tertentu bisa membuat Anda lebih mungkin mengembangkan diabetes.

Mayo Clinic mengatakan, hal ini termasuk tekanan darah tinggi, sindrom ovarium polikistik, trigliserida tidak teratur dan kadar kolesterol.(fny/chi/jpnn)


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler