6 Hal ini Patut Anda Ketahui Sebelum Membeli Mobil Jaguar

Selasa, 12 Oktober 2021 – 18:45 WIB
Jaguar F-Pace. Foto: Jaguar.co.uk

jpnn.com - Publik pasti sudah familiar dengan merek mobil Jaguar. Ini merupakan salah satu merek mobil yang populer dengan reputasinya sebagai kendaraan premium dan mewah.

Oleh karena itu, Jaguar sering dikenal sebagai mobil “sultan”. Jaguar merupakan perusahaan mobil yang berasal dari Inggris dan didirikan oleh William Lyons.

BACA JUGA: Jaguar akan Sepenuhnya Memproduksi Mobil Listrik Murah Mulai 2025

Awalnya, perusahaan ini diberi nama Swallow Sidecar Company, karena sebelum memproduksi mobil perusahaan ini hanya memproduksi sparepart sepeda motor.

Di Indonesia, Jaguar hanya memasarkan lima tipe mobil di antaranya adalah Jaguar XE, Jaguar XF, Jaguar XJ, Jaguar F-Pace dan Jaguar F-Type.

BACA JUGA: Jaguar Land Rover Catatkan Penjualan Tertinggi dalam Sejarah, Defender Laris Manis

Ketiga tipe ini merupakan mobil dengan jenis sedan, sedangkan Jaguar F-Pace adalah jenis mobil SUV dan terakhir untuk Jaguar F-Type merupakan mobil berjenis coupe/sport.

Jika anda tertarik untuk membeli mobil Jaguar, berikut beberapa serba-serbi yang perlu anda ketahui tentang mobil Jaguar:

BACA JUGA: Jaguar Land Rover Bersiap Jadi Merek Mobil Listrik Murni

1. Harga Mobil Jaguar

Harga mobil Jaguar beragam, sesuai dengan jenisnya. Satu unit mobil Jaguar dengan tipe F-Pace R-Sport dibanderol dengan harga Rp 2 miliar.

Sedangkan untuk mobil Jaguar dengan tipe X series yakni XE, XF & XJ dibandrol dengan harga mulai dari Rp 1 - Rp1,5 miliar. 

Harga termahal adalah Jaguar F-Type yang menyentuh angka Rp 3 miliar. Untuk mobil mewah sekelas Jaguar, sangat wajar jika dijual dengan harga mahal.

Mengingat mobil-mobil ini memiliki tampilan yang mewah dan ada berbagai fitur canggih yang tertanam di dalam mobil.

Dilihat dari rentang harga yang tertera seperti di atas, tentu saja mobil ini mendapat julukan mobil “sultan”. Jika anda ingin melihat semua seri mobil Jaguar, spesifikasi dan harganya, anda bisa melihat dan membelinya di official store Jaguar di Blibli.

2. Harga DP Mobil Jaguar

Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik dan menarik dari Blibli untuk DP mobil Jaguar tipe F-Pace R-Sport senilai Rp 600 juta atau 30 persen dari harga OTR.

Untuk tipe mobil Jaguar lainnya tentu saja down payment yang ditawarkan berbeda tergantung dari dealer atau leasing.

Namun, kemungkinannya sangat kecil bagi anda untuk bisa menemukan kelima tipe mobil Jaguar tersebut dalam kondisi baru.

Pasalnya, Jaguar telah secara resmi menghentikan produksi kelima mobil tersebut.

3. Kelebihan Desain dan Interior Mobil Jaguar

Jaguar tipe F-Pace R-Sport merupakan mobil yang masuk ke dalam segmen SUV. Mobil ini memiliki kesan sporty serta mewah dengan adanya garis-garis tajam yang menghiasi bodi mobil ini.

Lampu depan dan lampu belakang mobil ini memiliki desain yang terlihat “sangar”.

Dengan harganya yang terbilang mahal, tentu saja interior dari mobil ini sangat mewah dan elegan dengan sentuhan bahan kulit berkualitas premium di setiap sisi interiornya.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan monitor layar sentuh sebagai InControl yang berukuran 10 inci yang berfungsi sebagai media hiburan dan untuk mengakses beberapa fitur yang telah ditanamkan di dalam satu layar kontrol tersebut, salah satunya adalah navigasi,

4. Tipe Mesin Jaguar

Tipe mesin yang digunakan pada mobil Jaguar bervariasi, tergantung dengan jenis dan segmen pasar mobil tersebut.

Salah satu contohnya adalah Jaguar F-Pace R-Sport yang menanamkan mesin V6 Supercharged yang memiliki kapasitas 3.0 liter.

Mesin ini mampu mengeluarkan 380 HP pada 6500 rpm dengan torsi maksimalnya 450 Nm pada 4500 rpm.

Kemampuan mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan-ZF yang mampu menghasilkan perpindahan gigi yang halus.

Mobil Jaguar tipe ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 Km/jam hanya dalam waktu 5.1 detik. Untuk generasi ke-2 dari jaguar F-Pace mengusung mesin dengan jenis i4 supercharged dengan kapasitas 2 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 180 hp pada 4000 rpm dengan torsi maksimum 431 Nm pada kisaran 1750 sampai 2500 rpm.

5. Konsumsi BBM Jaguar

Konsumsi bahan bakar pada mobil Jaguar berbeda-beda tergantung pada tipe mobil. Hal ini dikarenakan setiap mesin yang ada pada tiap mobil berbeda-beda.

Untuk Jaguar XE dengan mesin diesel turbocharged 2 liter, efisiensi bahan bakar yang dikeluarkan adalah 4,2 liter untuk jarak tempuh 100 Km.

Sementara itu, Jaguar F-Pace R-Sport dengan tipe mesin i4 2 liter mampu mengkonsumsi 1 liter bensin dengan jarak tempuh 10,6 Km.

6. Tipe-tipe Mobil Jaguar

Ada banyak sekali tipe mobil Jaguar namun di Indonesia, Jaguar hanya memasarkan 5 jenis mobil. Kelima tipe mobil tersebut adalah Jaguar X series dengan varian XE, XF, & XJ yang merupakan mobil dengan kategori sedan.

Kemudian Jaguar F-Pace dengan 2 pilihan mesin dan Jaguar dengan jenis coupe/sport yakni Jaguar F-Type. Namun, saat ini kelima tipe mobil tersebut sudah dihentikan produksinya dan Jaguar berfokus untuk memproduksi mobil listrik.

Jika anda sedang mencari Jaguar terbaru, Blibli menjadi pilihan tepat untuk anda menemukan daftar Jaguar terbaru lengkap dengan informasi detail beserta harganya. Anda bisa membeli Jaguar dengan harga promo dan diskon yang diberikan oleh Blibli. Kualitas produk dijamin original. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler