6 Jenis Olahraga Ini Ampuh Melawan Diabetes

Jumat, 13 Maret 2020 – 04:13 WIB
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Penderita diabetes masih tetap bisa menikmati hidup layaknya orang normal pada umumnya. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.

Faktanya, olahraga mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Aktivitas ini juga membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko gangguan jantung, serta meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA: Benarkah Diabetes Lebih Mematikan pada Jantung Wanita?

Olahraga untuk Penderita Diabetes

Jenis olahraga diabetes yang direkomendasikan adalah aerobik, yang melibatkan pergerakan grup otot besar. Olahraga jenis ini sangat baik untuk dilakukan oleh penderita diabetes sebanyak 2 hari sekali, dengan durasi minimal 30 menit.

BACA JUGA: Cara Aman Makan Bakmi Bagi Penderita Diabetes

Berikut ini adalah beberapa olahraga untuk diabetes yang bisa dijadikan sebagai pilihan:

1. Berjalan Kaki

BACA JUGA: Obat Diabetes Populer Ternyata Berisiko Menimbulkan Kanker

Berjalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang paling sederhana, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Berjalan kaki dengan kecepatan moderat dapat membantu tubuh mengoptimalkan pengolahan gula darah, serta turut meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru.

2. Yoga

Yoga termasuk sebagai salah satu pilihan senam untuk diabetes yang dapat dilakukan secara rutin dan teratur. Pilihan olahraga yang satu ini bisa membantu melatih kelenturan, keseimbangan, postur, dan kontrol pernapasan.

Tidak hanya itu, yoga juga bisa membuat pikiran Anda lebih relaks sehingga tidak mudah stres. Hal ini membuat kinerja ginjal dan kadar gula darah senantiasa terjaga optimal.

3. Bersepeda Statis dalam Ruangan

Olahraga sepeda statis sangat baik untuk dilakukan oleh penderita diabetes maupun orang sehat pada umumnya.

Mengayuh sepeda statis di dalam ruangan dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot di seluruh tubuh bagian bawah Anda. Olahraga ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung tanpa khawatir risiko terjatuh, lho!

4. Berenang

Berenang adalah jenis olahraga yang aman dan bagus untuk penderita diabetes. Selain minim risiko luka, jenis olahraga air ini juga bisa melatih fungsi otot, jantung, dan pernapasan.

Studi di The Journal of Rheumatology bahkan mengungkapkan bahwa olahraga di dalam air dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada sendi.

5. Jogging

Sudah terbiasa dengan berjalan cepat? Jika ya, mungkin sudah saatnya untuk mencoba jogging.

Tentunya, saat jogging, Anda harus menggunakan sepatu yang tepat dan nyaman. Anda juga perlu memilih rute yang aman, tidak banyak dilewati kendaraan bermotor, tidak terjal atau berlubang.

6. Latihan Angkat Beban

Selain mampu meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, dan menurunkan bobot tubuh, olahraga angkat beban juga dapat mengoptimalkan regulasi gula darah sehingga kadarnya tetap berada di rentang optimal.

Untuk manfaat maksimal, Anda yang sebelumnya tidak pernah angkat beban sebaiknya berlatih di bawah pengawasan instruktur yang ahli. Anda hanya ingin merasakan manfaat angkat beban tanpa perlu khawatir risikonya, bukan?

Mana olahraga yang menjadi favorit Anda? Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan teratur, agar Anda bisa sepenuhnya merasakan manfaat latihan fisik tersebut.

Jika Anda memiliki kondisi diabetes khusus sehingga kesulitan untuk memilih jenis aktivitas fisik tertentu, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter.(NB/RPA/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler