6 Kebiasaan Saat Liburan Ini Bikin Gampang Sakit

Sabtu, 04 Januari 2020 – 03:35 WIB
Ilustrasi liburan bersama anak. Foto: holidayhypermarket

jpnn.com - Tujuan utama pergi liburan adalah untuk menyegarkan pikiran agar tubuh lebih fresh dan sehat. Sayangnya, hal tersebut tergolong sulit dirasakan lantaran Anda malah melakukan kebiasaan saat liburan yang bikin gampang sakit.

Berikut adalah kebiasaan saat liburan yang bikin gampang sakit dan mesti Anda hindari:

BACA JUGA: Ini 7 Rekomendasi Film untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun, Wajib Ditonton

1. Sering minum menggunakan es batu

Mengonsumsi segelas minuman favorit dengan tambahan es batu sambil menikmati pemandangan tempat Anda berlibur memang menyenangkan. Sayangnya, perilaku ini bisa membuat Anda terserang penyakit.

BACA JUGA: 6 Syarat Keamanan Tempat Wisata untuk Anak-anak Berlibur

Bukan akibat pemandangannya, tapi karena es batu yang dijadikan sebagai campuran minuman favorit Anda. Pasalnya, kebanyakan es batu terbuat dari air keran atau ledeng yang kebersihannya tidak melulu terjamin, sehingga berpotensi mengandung mikroba berbahaya.

Apabila es batu tersebut mencair, bercampur dengan minuman favorit dan ikut masuk ke dalam tubuh, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami gangguan saluran pencernaan.

BACA JUGA: 4 Destinasi Liburan Favorit Luna Maya, Ada labuan Bajo

2. Menyimpan ponsel dan botol air di kantung tempat duduk

Kursi pesawat atau mobil yang Anda tumpangi untuk berlibur memang tidak lapang. Tidak heran, rata-rata penumpang meletakkan barang mereka di kantung yang tersedia di tempat duduk di depan mereka.

Kantung-kantung itu bisa saja menyimpan ribuan bahkan jutaan jenis kuman.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa bakteri MRSA dapat bertahan hidup di kain saku tempat duduk hingga tujuh hari. Apa itu MRSA? Ini merupakan bakteri sangat jahat yang resisten terhadap antibiotik dan dapat menyebabkan lesi kulit hingga kematian.

3. Tidak mencuci gelas kamar hotel sebelum digunakan

Banyak hotel menyediakan gelas minum. Meski terlihat bersih, cucilah gelas tersebut terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan risiko terpapar kuman yang mungkin hinggap di gelas tersebut.

4. Terlalu banyak konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan sangat tidak dianjurkan oleh medis, baik saat liburan maupun tidak. Ini karena alkohol dapat menghambat fungsi sistem kekebalan sehingga membuat kuman penyebab penyakit lebih mudah menyerang tubuh Anda.

5. Terlalu banyak konsumsi kopi

Kopi mengandung senyawa kafein yang bisa bikin Anda terjaga. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk minum kopi maupun asupan berkafein lainnya secara berlebihan.

Ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi lebih dari 400 miligram kafein dalam sehari pada orang dewasa bisa  menyebabkan insomnia, migrain, sakit perut atau lekas marah.

6. Lupa minum air putih

Saking asyiknya menikmati suasana saat liburan, Anda malah lupa minum air putih. Hal ini bisa berujung pada terjadinya dehidrasi, yang bisa mencetuskan terjadinya gejala urine berwarna pekat, konsentrasi menurun, badan lemas, pusing berputar hingga kehilangan kesadaran.

Nah, bagi Anda yang ingin liburan tanpa terserang penyakit, sebaiknya hindari melakukan hal-hal yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa sertai dengan tindakan berikut agar tubuh benar-benar terlindung dari penyakit selama liburan:

Vaksin

Vaksin adalah cara paling efektif untuk mencegah penularan penyakit. Vaksin sangat penting untuk Anda dapatkan, apalagi bila hendak berkunjung ke daerah atau negara endemis penyakit. Diskusikan dengan dokter mengenai vaksin apa saja yang dibutuhkan.

Bawa obat dan suplemen kesehatan

Bawa selalu obat-obatan yang rutin Anda konsumsi. Di samping itu, Anda juga perlu membawa suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah Blackmores Bio C. Blackmores Bio C merupakan suplemen kesehatan dengan double C Formula, yang mengandung vitamin C 1000 miligram dan bioflavonoid sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Blackmores Bio C juga mengandung mineral askorbat yang lebih aman di lambung, dan lebih efektif dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Anda pun menjadi tidak gampang sakit.

Pelajari makanan dan minuman di tempat tujuan

Berencana wisata kuliner di tempat Anda berlibur? Pastikan Anda teliti dalam mencari warung pinggir jalan dan restoran yang hendak dijadikan pelampiasan rasa lapar. Jika perlu, bawa sendiri peralatan makan Anda agar lebih aman.

Cukup minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya 2 liter setiap hari bikin sistem kekebalan tubuh Anda prima. Dengan demikian, kuman yang ada di sekitar Anda tidak dengan mudahnya menyebabkan penyakit.

Cukup tidur

Meski liburan, bukan berarti Anda boleh begadang setiap hari. Anda justru harus memiliki waktu tidur selama tujuh hingga delapan jam dalam sehari, agar keesokan harinya bisa kembali menikmati suasana di lokasi liburan.

Tetap sehat saat dan setelah liburan bukan hanya sekadar impian. Hal tersebut bisa Anda rasakan apabila menghindari kebiasaan saat liburan yang bikin gampang sakit dan menerapkan tips yang telah disampaikan.

Apabila penyakit sudah terlanjur menyerang dan mencetuskan gejala yang sangat mengganggu, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter.(NB/RH/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Liburan   Libur   Sakit   Berlibur   minum es  

Terpopuler