6 Khasiat Jambu Biji, Bikin Deretan Penyakit Ini Tidak Berkutik

Senin, 29 Januari 2024 – 02:03 WIB
Jambu biji. Foto: Thevapemall

jpnn.com, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi buah-buahan? Salah satu buah yang cukup populer ialah jambu biji.

Jambu biji bisa Anda konsumsi begitu saja atau diolah dalam bentuk jus atau asinan yang menyegarkan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Jambu Biji, Bantu Lindungi Tubuh dari Serangan Berbagai Penyakit Ini

Jambu biji merupakan buah tropis yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko.

Jambu biji merupakan buah yang berwarna hijau muda di bagian luar dan berwarna merah muda di bagian dalam.

BACA JUGA: 3 Khasiat Kacang Tanah, Deretan Penyakit Ini Bakalan Enggan Mendekat

Seperti halnya semua buah-buahan, jambu biji juga memiliki daftar khasiat yang baik untuk kesehatan, kulit, dan rambut kita secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat buah jambu biji yang mungkin menarik bagi Anda, seperti dikutip laman Femina.in.

BACA JUGA: Benarkah Jambu Biji Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang Bayi?

1. Menurunkan Diabetes

Penyakit diabetes adalah suatu kondisi yang disebabkan ketika kadar gula darah meningkat dan tubuh Anda tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk menurunkan kadar gula yang lebih tinggi.

Meskipun ada banyak perawatan dan pengobatan untuk mengendalikan diabetes, tindakan diet tertentu juga bisa membantu.

Sebuah studi tahun 2010 yang dilakukan oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research, Tokyo menyatakan bahwa konsumsi teh daun jambu biji diketahui bisa menurunkan peningkatan glukosa darah postprandial sehingga mencegah diabetes melitus tipe 2.

Jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah dan juga kaya akan serat makanan, yang keduanya sangat penting untuk pola makan penderita diabetes.

2. Meningkatkan Fungsi Hormon

Salah satu alasan utama mengapa jambu biji berperan penting dalam menjaga ketidakseimbangan hormon adalah indeks glikemiknya yang rendah.

Jambu biji juga kaya akan folat yang meningkatkan kesuburan dan juga bermanfaat bagi wanita yang menderita PCOS.

Tembaga, di sisi lain, yang juga banyak terdapat dalam jambu biji merupakan bahan utama yang membantu produksi dan penyerapan hormon.

Oleh karena itu, sifat ini membantu tubuh Anda memetabolisme makanan dan selanjutnya menggunakan energi.

3. Meningkatkan Penglihatan

Buah berdaging berwarna merah muda ini tidak hanya menambah semburat warna pada mangkuk buah Anda.

Meski tidak kaya akan vitamin A seperti wortel, jambu biji tetap merupakan sumber vitamin A yang ampuh untuk meningkatkan penglihatan seseorang.

Konsumsi jambu biji secara teratur dalam makanan Anda juga akan menjauhkan kamu dari penyakit rabun senja, suatu kondisi gangguan penglihatan lainnya yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A.

4. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Sebuah studi yang dilakukan oleh Brain, Performance and Nutrition Research Centre, Northumbria University di Newcastle menyatakan bahwa vitamin B yang terdiri dari delapan vitamin yang larut dalam air berperan penting dalam fungsi sel.

Efek kolektifnya terutama terjadi pada aspek fungsi otak seperti produksi energi, sintesis dan perbaikan DNA yang pada akhirnya memungkinkan optimalisasi fungsi otak seseorang.
Jambu biji mengandung vitamin B3 dan B6, yang dikenal sebagai niacin dan piridoksin, meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan menenangkan saraf Anda.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan pilihan makanan mereka.

Misalnya konsumsi pepaya di awal kehamilan bisa menyebabkan keguguran karena adanya bromelain yang menyebabkan kontraksi rahim dan melunakkan rahim yang akhirnya merugikan rahim.

Namun buah jambu biji bisa dikonsumsi dan bahkan direkomendasikan sebagai asupan makanan selama kehamilan karena beragam kombinasi nutrisi seperti vitamin B, C, A dan E, tokoferol, isoflavonoid, yang membantu pencernaan, mengendurkan ketegangan otot dan mencegah sembelit pada ibu hamil.

6. Melindungi Kulit dari Kerusakan

Mengonsumsi buah baik dalam bentuk jus atau apa adanya memiliki manfaat kesehatan tersendiri dan yang paling utama adalah efeknya pada kulit.

Produk ini mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan kondisi serius lainnya seperti asma, diabetes, aterosklerosis, dan banyak lainnya.

Manfaat jambu biji untuk kulit tidak hanya sebatas buahnya saja, daunnya juga terbukti ampuh mengatasi jerawat jika diekstraksi dan dioleskan pada kulit secara rutin.

Jambu biji tidak perlu dikonsumsi hanya sebagai buah saja, Anda juga bisa memanfaatkannya dengan berbagai cara yang memikat.

Misalnya, Anda bisa membuat chutney jambu biji, selai jambu biji, jeli, campuran jus, dan bahkan minuman kesehatan.

Anda bahkan bisa menggunakan jambu biji sebagai beauty hack dan membuat masker wajah dan rambut DIY untuk kulit dan rambut yang lebih sehat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 3 Manfaat Air Kunyit Campur Lemon, Bikin Penyakit Ini Tidak Berani Mendekat


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler