6 Kiat Make Up Cantik untuk Kulit Berminyak

Minggu, 15 Juli 2018 – 18:23 WIB
Ilustrasi make up wanita.

jpnn.com - Untuk mendapatkan hasil make-up yang sempurna, diperlukan cara aplikasi produk yang tepat.

Sebab setiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, foundation untuk kulit normal tentunya tidak akan cocok jika digunakan ke wajah berminyak. 

BACA JUGA: 4 Kiat Mudah agar Kulit Berminyak Tidak Berjerawat

Menurut seorang beauty influencer, Alex Light, kulit berminyak cenderung sensitif terhadap make-up yang memiliki kandungan minyak (oil-based).

Hasil riasan pun menjadi mudah luntur karena tekstur kulit yang lembap.

Namun jangan khawatir, masalah tersebut dapat diatasi dengan 6 cara mudah berikut.

1. Rajin Bersihkan Kulit

Hal pertama, Anda harus menyiapkan kulit dengan baik sebelum di make-up. Sangat penting melakukan perawatan kulit untuk menjaga tingkat kelembapan yang ideal.

Bersihkan dua kali sehari, tetapi tidak lebih dari itu karena kulit bisa iritasi. Cobalah gunakan pembersih berbahan dasar air (water-based) untuk mengangkat kotoran pada wajah atau bisa juga milk cleanser.

2. Gunakan Primer Make-up

Cobalah menggunakan primer yang dapat menghidrasi kulit sekaligus memiliki kandungan bebas minyak.

Biasanya produk ini dikemas dengan asam hyaluronic dan tidak merusak lingkungan. Begitu pun dengan primer eyeshadow, warna akan bertahan seharian.

3. Pilih Foundation yang Tepat

Untuk mencegah kulit berminyak dan mengilap, Anda butuh foundation bebas minyak yang mampu bertahan sepanjang hari. Untuk itu gunakan foundation cair yang lebih ringan. Selain itu untuk menyerap kandungan minyak, pilih jenis matte. Terapkan dengan beautyblenderuntuk hasil yang cepat dan sempurna.

4. Gunakan Bedak Tabur

Produk-produk cair dan krim akan mudah luntur atau meleleh saat cuaca panas, jadi terapkan bedak tabur di seluruh wajah terutama di sekitar garis halus seperti area bawah mata dan area wajah yang sangat berminyak. Pilih bedak tabur berbasis mineral dan terapkan concealer under eye untuk menyempurnakannya.

5. Kenakan Maskara Waterproof

Anda membutuhkan maskara heavy-duty untuk memastikan riasan mata Anda tetap tajam sepanjang hari. Pilih maskara berbasis waterproof untuk hasil yang sempurna dan tidak luntur.

6. Gunakan Penyerap Minyak

Perlu untuk membawa kertas penyerap keringat atau oil control filmuntuk menghilangkan kilau berlebih di kulit. "Anda perlu menjaga T-zona dengan menggunakan kertas minyak," kata Alex. (fid/JPC)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler