6 Kiat Supaya Tidak Cedera Saat Jalan Mundur

Minggu, 10 Februari 2019 – 17:50 WIB
Jalan kaki. Foto Vemale

jpnn.com - Jalan kaki mundur rupanya mempunyai manfaat bagi kesehatan. Bahkan, jalan mundur lebih banyak kalori yang terbuang daripada berjalan kaki ke depan.

Meski begitu, Anda tak boleh sembarangan melakukannya karena butuh kehati-hatian untuk jalan mundur supaya tidak cidera. 

BACA JUGA: Jangan Sepelekan Manfaat Jalan Kaki Mundur bagi Kesehatan

Berikut tips pencegahan agar tidak cedera saat jalan mundur:

1. Jika Anda siap untuk memulai melakukan jalan kaki mundur, pikirkan dulu tentang keamanan. Anda harus berlatih berjalan mundur di area yang bebas dari rintangan, seperti pepohonan, batu dan kerikil, serta jalan raya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan potensi cedera.

BACA JUGA: Berapa Kali Sebaiknya Berolahraga dalam Seminggu?

2. Treadmill

Ini adalah tempat latihan paling aman. Mulailah dari kecepatan lambat. Saat Anda menjadi lebih mahir, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan intensitasnya. Treadmill bisa menjadi cara yang baik untuk menambahkan intensitas berjalan mundur Anda dan mendapatkan manfaat latihan dari latihan berjalan mundur dengan putaran treadmill yang lebih berat.

BACA JUGA: 6 Manfaat Berolahraga Baik untuk Diri Sendiri Maupun Pasangan

3. Di dalam ruangan

Anda bisa berlatih di dalam ruangan. Namun, pilih tempat di mana Anda bisa aman berjalan mundur, seperti tidak dekat tangga, furnitur, atau hewan peliharaan yang bisa membuat Anda tersandung. Lorong bisa menjadi pilihan yang baik.

4. Trek khusus berjalan

Menggunakan trek khusus berjalan di dalam atau di luar ruangan adalah pilihan yang lebih aman untuk mengurangi bahaya tersandung. Berjalanlah searah dengan pengguna trek lain untuk meminimalkan potensi bertabrakan.

5. Minta bantuan rekan

Sulit untuk menemukan area yang aman untuk berjalan mundur di luar ruangan untuk waktu yang lama. Untuk itu, mintalah bantuan rekan Anda yang berjalan maju. Nantinya, rekan Anda dapat mengingatkan jika ada halangan di belakang Anda, seperti lubang, undakan di trotoar, batu, puing, dan genangan air.

6. Berjalan mundur bersama rekan

Jika Anda berjalan bersama keluarga atau teman, berbalik dan berjalan mundur saat mengobrol bisa menambah sedikit kesenangan. Berjalan mundur bersama pasangan juga ide yang baik.

Kini Anda sudah bisa mulai mencoba olahraga jalan kaki mundur karena manfaatnya ternyata lebih baik dibanding jalan kaki biasa. Namun, jangan lupa selalu perhatikan keamanan untuk menghindarkan Anda dari cedera. Anda bisa meminta orang lain untuk membantu mengawasi Anda ketika sedang berjalan mundur.(HNS/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Cara Mengoptimalkan Pencegahan Kanker


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler