6 Langkah Sederhana Merawat Mobil Sendiri di Rumah

Rabu, 30 Agustus 2023 – 18:52 WIB
Ilustrasi, seorang wanita sedang melakukan perawatan mobil. Foto: automaticn school

jpnn.com, JAKARTA - Setiap mobil baru saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih.

Meski begitu, setiap kendaraan harus melakukan perawatan secara rutin agar tunggangan bisa beroperasi lebih aman, berumur panjang, serta tidak kalah penting adalah menghemat biaya untuk perbaikan.

BACA JUGA: Dapatkan Diskon Menarik untuk Perawatan Mobil Selama GIIAS 2022, Begini Caranya

Tidak jarang pemilik mobil dan truk kurang memperhatikan kondisi kendaraannya hingga muncul masalah.

Memang, ada jadwal rutin pemeriksaan di lokasi servis resmi. Namun, Anda bisa memastikan tidak ada masalah serius jika rutin mengeceknya.

BACA JUGA: Tips Memilih Oli Mobil yang Sesuai, Perhatikan Hal Ini

Nah, tugas pemeliharaan kendaraan ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak waktu. Simak ulasan lengkapnya, dihimpun dari Lacak Harga.

1. Rajin Mencuci

Salah satu tips yang paling mudah diikuti adalah cukup dengan mencuci tunggangan secara rutin. Hal ini akan melindungi bagian luar mobil Anda dan membuatnya tampak seperti baru.

BACA JUGA: 5 Tips Merawat Panoramic Sunroof Mobil

Meskipun ini adalah hal sederhana, tetapi tidak selalu dapat dilakukan dengan benar. Beberapa orang terlalu jarang mencucinya, tetapi ada juga yang justru terlalu berlebihan.

Sebaiknya, Anda melakukan pembersihan berdasarkan faktor lokasi parkir, termasuk kondisi cuaca.

Idealnya, lakukan 2 hingga 4 pekan sekali. Namun, jika Anda berada di kawasan dengan banyak pepohonan atau debu, Anda bisa membersihkannya dua minggu sekali.

2. Periksa Baterai

Tunggangan Anda tidak bisa kemana-mana jika baterainya rusak, maka luangkan waktu untuk pemeriksaan visual cepat dan sesekali pembersihan komponen vital ini.

Setidaknya setahun sekali, periksa terminal baterai Anda apakah ada tanda-tanda asam baterai putih kering. Jika ada, lepaskan kabel dari baterai Anda.

Anda bisa memakai sikat kawat dan cairan penghilang korosi untuk membersihkan bahan korosif dari terminal baterai. Campuran soda kue dan air juga bisa digunakan.

Bilas titik yang dibersihkan dengan air, keringkan dengan lap, dan sambungkan kembali kabel baterai.

3. Cek Pelumas Mesin

Melakukan pengecekan pelumas mesin adalah hal yang sangat penting. Apalagi, jika Anda menggunakan tunggangan secara intens.

4. Periksalah level pelumas Anda.

Pertama, dari oli mesin. Agar dapat menjalankan tunggangan hingga mencapai suhu operasi normal, matikan, lalu tunggu 5 hingga 10 menit sebelum memeriksa dipstick oli Anda. Anda bisa memeriksa dipstick oli saat tunggangan dalam keadaan dingin.

Kemudian, pelumas rem Anda dapat ditemukan di tangki reservoir dengan indikator level cairan yang mudah dilihat. Periksa juga reservoir cairan power steering, yang mungkin memiliki dipstick tergantung pada model tunggangan Anda. Demikian juga dengan air pencuci kaca depan Anda. Selalu periksa untuk mengetahui ketersediaannya.

5. Ganti Bilah Penghapus Debu Kaca Depan

Salah satu masalah keamanan terbesar saat berkendara adalah memiliki kaca depan jernih untuk memberikan tingkat visibilitas tertinggi. Untuk itu, segera ganti bilah penghapus kaca depan yang sudah aus.

Saat Anda mendengar mereka mengeluarkan suara mencicit, itu adalah indikator lain saatnya menggantinya. Cek bagian strip karetnya, apakah masih mulus atau sudah retak. Hilangkan kotoran yang menempel di sana.

6. Ganti Filter Udara

Mengganti filter udara mesin Anda sendiri mungkin hal yang menakutkan. Namun percayalah, ini cukup mudah dilakukan.

Filter udara yang kotor akan membatasi aliran udara yang masuk ke mesin Anda. Sehingga akan memberi tekanan ekstra pada mesin. Ini akan memengaruhi jarak tempuh bahan bakar dan akselerasi.

Frekuensi penggantiannya akan bergantung pada berbagai faktor. Jika Anda sering melintas di jalan yang tidak beraspal dan padat maka akan menyebabkan filter udara tersumbat lebih cepat.

Sebaiknya, Anda melakukan penggantian setiap 24.000 kilometer. Periksa panduan manual tunggangan Anda. Kotak filter tersebut tidak sulit diakses dan bahkan mungkin tidak memerlukan alat untuk membukanya. Filter yang kotor akan tampak berwarna abu-abu atau hitam. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bridgestone Berbagi Tips Agar Mudik Lebaran 2023 Aman dan Nyaman, Simak


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler