6 Makanan Menyeimbangkan Kebutuhan Hormon Anda

Selasa, 03 Oktober 2017 – 15:50 WIB
Alpukat. Foto: pixabay

jpnn.com - Menurut Women in Balance, hormon adalah pembawa pesan kimia yang luar biasa di tubuh kita yang memengaruhi otak, jantung, tulang, otot dan organ reproduksi.

Hormon merupakan bagian penting dari kerja setiap sel dalam tubuh manusia. Karenanya, mencukupi kebutuhan horman secara seimbang.

BACA JUGA: 6 Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Stroke

Anda bisa mengatasi ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh menopause dan faktor kunci lainnya.

Penasaran ingin tahu lebih banyak? Berikut adalah makanan terbaik untuk menyeimbangkan hormon Anda, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (1/10).

BACA JUGA: 7 Makanan ini Bisa Buat Anda Kenyang Lebih Lama

1. Buncis

Salah satu cara untuk menyeimbangkan hormon Anda dengan memasukkan kacang-kacangan kaya antioksidan, seperti buncis (alias kacang garbanzo) ke dalam makanan Anda.

BACA JUGA: 9 Kebiasaan ini Menyebabkan Anda Makan Berlebih

Chickpeas adalah sumber makanan yang kaya karbohidrat kompleks yang menstabilkan kadar gula darah Anda, mencegah keriput dan ketidakseimbangan hormon.

2. Rosemary

Cara lain untuk memasukkan makanan penyeimbang hormon ke dalam makanan Anda adalah menambahkan lebih banyak ramuan khusus seperti rosemary.

Aroma energik ramuan ini meningkatkan mood dan meningkatkan daya ingat serta bisa membantu menghilangkan estrogen berlebih dari tubuh dan menyeimbangkan hormone.

3. Kuning telur

Menurut MindBodyGreen, sarapan pagi Anda bisa membantu menyeimbangkan hormon Anda.

Kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, D, E, B6, zat besi, kalsium, potasium dan kolin, telur bisa membantu mempromosikan sistem reproduksi, hormon keseimbangan dan bahkan memberi Anda kulit yang cantik.

4. Minyak kelapa

Berkat kadar asam lauratnya, minyak kelapa dan produk lainnya bisa bermanfaat bagi kesehatan dan penyembuhan kulit dan produksi hormon. Selain itu, asam laurat bisa memberi Anda semburan energi yang cepat.

5. Quinoa

Tidak seperti biji-bijian lain, yang lebih tinggi pada indeks glikemik dan bisa meningkatkan gula darah Anda, quinoa adalah protein karbohidrat kompleks yang tinggi. Ini membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Quinoa mencegah efek domino dimana gula darah tinggi memicu insulin yang lebih tinggi dan, pada gilirannya, tingkat androgen menjadi lebih tinggi.

6. Alpukat

Mirip dengan kuning telur, alpukat kaya akan hormon penyeimbang vitamin dan mineral, seperti vitamin E dan B dan potasium.

Selain itu, alpukat adalah lemak sehat yang memungkinkan tubuh kita untuk lebih menyerap nutrisi penyeimbang hormon ini.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan ini Bisa Tingkatkan Kemampuan Anak di Sekolah


Redaktur : Soetomo
Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
hormon   Makanan  

Terpopuler