Makanan ini Bisa Tingkatkan Kemampuan Anak di Sekolah

Minggu, 17 September 2017 – 22:37 WIB
Anak-anak. Ilustrasi. Foto Dailymail

jpnn.com - Manfaat makan sayuran tampaknya tak perlu diragukan lagi. Sayuran juga bisa membantu meningkatkan kemampuan belajar anak di sekolah.

Menurut dua studi baru dari Pusat Nutrisi, Pembelajaran dan Memori di University of Illinois, nutrisi lutein, yang ditemukan di banyak buah dan sayuran secara positif bisa memengaruhi nilai tes anak Anda.

BACA JUGA: Bolehkah Makan Sebelum Olahraga?

"Anak-anak bisa meningkatkan lutein mereka dengan mengonsumsi makanan tertentu," kata peneliti Matthew Kuchan, seperti dilansir laman MSN, Kamis (14/9).

Sementara pigmen tanaman kebanyakan dikenal untuk melindungi mata dari kehilangan penglihatan, nutrisi dari sayuran telah ditemukan bermanfaat bagi kesehatan otak.

BACA JUGA: Benarkah Mandi Setelah Makan Bisa Membahayakan Kesehatan?

Studi pertama yang dipublikasikan di jurnal Nutritional Neuroscience menemukan bahwa anak-anak 8 dan 9 tahun dengan tingkat lutein yang lebih tinggi di tubuh mereka memperoleh nilai tes yang lebih tinggi, terutama dalam bidang pelajaran matematika dan penulisan.

Studi lain yang dipublikasikan di International Journal of Psychophysiology menemukan bahwa anak-anak mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan mampu menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

BACA JUGA: Awas! Hindari 5 Makanan Pembawa Mimip Buruk Ini

Menurut Dr Kuchan, cara terbaik untuk meningkatkan kadar lutein anak Anda adalah dengan memasukkan sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung dan buah dan sayuran berwarna seperti brokoli, zucchini, jagung dan wortel.

Bahkan kuning telur mengandung sejumlah besar nutrisi ini.

"Semua sayuran ini adalah sumber lutein yang hebat dan bisa dengan mudah diubah menjadi resep makanan untuk anak di rumah atau di sekolah," kata Dr. Kuchan.

Tidak ada rekomendasi pasti untuk berapa banyak makanan yang mengandung lutein yang harus dikonsumsi anak-anak, tapi Dr. Kuchan mengatakan orang tua harus mengikuti pedoman Departemen Pertanian Amerika Serikat untuk buah dan sayuran.

Selain lutein, penelitian telah menunjukkan vitamin E juga meningkatkan kesehatan otak.

Sesuai dengan Harvard University School of Public Health, Anda bisa menemukan vitamin E dalam makanan seperti kacang almond dan biji bunga matahari.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pakar: Susu Kental Manis Tak Menggangu Pertumbuhan Gizi Masyarakat


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
anak   Makanan  

Terpopuler