6 Manfaat Jus Daun Pepaya, Tangkal Penyakit Hingga Untuk Kecantikan

Rabu, 12 Juni 2019 – 22:54 WIB
Jus daun pepaya. Foto: Pixabay

jpnn.com - Lalapan daun pepaya sudah cukup familiar dengan kehidupan kita. Di balik rasanya yang pahit ternyata daun pepaya banyak menyimpan manfaat bagi tubuh.

Banyak penelitian menemukan bahwa senyawa phytonutrisi pada daun pepaya bertindak sebagai antioksidan kuat dan meningkatkan dampak kekebalan dalam aliran darah.

BACA JUGA: Konsumsi Daun Pepaya Bisa Bikin ASI Melimpah?

Daun pepaya sendiri kerap dijadikan berbagai menu makanan, tetapi tidak ada salahnya Anda juga mencobanya dibuat olahan jus. Berikut manfaat jus daun pepaya untuk kesehatan, lansir Stylecraze, Selasa (11/6).

BACA JUGA: Konsumsi Daun Pepaya Bisa Bikin ASI Melimpah?

BACA JUGA: Bernarkah Daun Pepaya Bisa Atasi Demam Berdarah?

  • Menyembuhkan Demam Berdarah

Virus dengue menyebabkan demam berdarah yang mengancam jiwa, dengan menggunakan nyamuk sebagai media.

Gejala demam berdarah seperti demam tinggi, ruam, dan sakit kepala yang parah (triad demam berdarah), bersama dengan nyeri sendi dan otot, menggigil, dan sakit mata.

BACA JUGA: Si Pahit Ini Punya Khasiat Dahsyat

Pada akhirnya, semua ini menyebabkan berkurangnya jumlah trombosit dalam tubuh. Minum 25 mL jus daun pepaya dua kali sehari meningkatkan jumlah trombosit Anda dan mengurangi keparahan infeksi.

Ekstrak jus daun pepaya ini memiliki senyawa bioaktif penting seperti papain, chymopapain, dan karicain, yang mengobati mual dan meningkatkan pencernaan.

  • Memiliki Sifat Antimalaria dan Plasmodiastasis

Sebuah studi tikus tahun 2011 menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya bisa secara efektif mengobati malaria. Ini memiliki sifat plasmodiastatic, yaitu, memperlambat laju pertumbuhan plasmodium dalam tubuh Anda, dan secara tidak langsung mengendalikan demam malaria.

Jus daun pepaya meningkatkan kadar antioksidan pada pasien, sehingga mencegah anemia akibat malaria.

Tetapi ada kebutuhan untuk penelitian yang lebih mendalam dan uji klinis sistematis untuk mendukung efek ekstrak daun pepaya terhadap malaria dan demam seperti chikungunya.

  • Membantu Pencernaan dan Menyembuhkan Masalah Saluran GI

Makan daun muda pepaya atau minum jusnya bisa mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, mulas karena refluks asam, sembelit, dan buang air besar yang menyakitkan.

Jus daun pepaya memiliki banyak antioksidan dan senyawa aktif seperti papain, chymopapain, dan serat esensial, yang membantu pencernaan protein dan melepaskan enzim pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Jus daun pepaya juga bisa mengatasi kerusakan dinding lambung yang menyebabkan bisul yang disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol dan tekanan lain karena unsur biokimiawi.

  • Melindungi Jantung Anda dari Penyakit Peradangan

Hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol tinggi dalam serum menyebabkan penyakit kardiovaskular kompleks, obesitas, dan penyakit hati.

Memilih opsi nabati alternatif seperti jus daun pepaya bisa membersihkan darah Anda dengan menurunkan kadar kolesterol. Ini terjadi karena beberapa pitosterol dalam jus daun pepaya memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol jahat (LDL).

Mereka memindahkan LDL dari sel dan bersaing untuk penyerapan usus, mencegah LDL dari akumulasi.

Selain itu, dengan cara ini, terdapat peroksidasi lipid minimal, dan hati Anda tetap aman dari penyakit inflamasi yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti sirosis dan penyakit kuning.

  • Mempertahankan Cahaya Kulit Anda

Karena daun pepaya memiliki antioksidan tingkat tinggi, seperti saponin, flavonoid, tanin, dan alkaloid, Anda bisa menggunakan ekstraknya untuk menyehatkan wajah dan kulit Anda.

Antioksidan ini, bersama dengan vitamin C dan A, menggerogoti radikal bebas dalam darah Anda, dan meningkatkan peredarannya melalui kulit Anda.

Ketika ini terjadi, kulit mempertahankan teksturnya dan bercahaya. Tanda-tanda penuaan, seperti keriput, jerawat, dan pigmentasi, semakin berkurang.

Jus daun pepaya, ketika diaplikasikan bersama dengan masker buah, membuka pori-pori kulit Anda yang tersumbat dan membersihkan jerawat serta minyak berlebih yang dihasilkan di wajah Anda.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda dan Antikanker

Mengonsumsi jus daun pepaya bisa meningkatkan aktivasi komponen utama sistem kekebalan tubuh Anda seperti limfosit-T, yang, pada gilirannya, memicu produksi berbagai pembawa pesan kimiawi (IL-12, IFN-????, dan TNF-α) yang melakukan peran yang ditugaskan dalam pertahanan terhadap tekanan khusus, terutama dari kemoterapi.

Komposisi fitokimia jus daun pepaya termasuk senyawa aktif seperti α-tokoferol, likopen, dan benzil isotiosianat, menunjukkan aktivitas antitumor yang kuat dan mencegah kanker agar tidak bermetastasis. (fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler