6 Manfaat Teh Jahe, Wanita Pasti Suka

Sabtu, 05 November 2022 – 02:14 WIB
Ilustrasi teh jahe. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - JAHE merupakan salah satu herbal yang populer. Jahe juga sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan.

Jahe juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat hidangan manis, seperti cake jahe, biskuit jahe dan teh jahe.

BACA JUGA: 6 Manfaat Jahe Tumbuk Campur Susu, Bikin Wanita Langsung Tersenyum Lebar

Teh jahe dibuat dengan memasukkan jahe kering atau segar ke dalam air panas selama beberapa menit, membiarkan minyak jahe meresap ke dalam air sebelum diminum.

Teh jahe memiliki rasa hangat dan sedikit pedas. Anda bisa membuatnya sendiri dengan memarut atau mengiris jahe segar ke dalam cangkir.

BACA JUGA: 5 Manfaat Teh Jahe Campur Lemon, Wanita Pasti Suka

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Bbcgoodfood.com.

1. Membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan

Teh jahe mungkin paling terkenal karena potensinya untuk menenangkan masalah pencernaan, dan khususnya untuk membantu meredakan mual.

BACA JUGA: 3 Manfaat Teh Jahe Merah Campur Cabai dan Madu, Bikin Gula Darah Aman Terkendali

Satu penelitian bahkan menunjukkan bahwa itu mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat, tetapi dengan efek samping yang lebih sedikit, dalam kasus mual di pagi hari.

2. Antiinflamasi

Jahe mengandung fitonutrien utama yang dikenal sebagai gingerol, dan penelitian telah menunjukkan bahwa ini bisa memiliki efek antimikroba dan antiinflamasi yang ketika diminum sebagai teh, bisa membantu mendukung mikrobioma yang sehat.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi jahe setiap hari memiliki penurunan risiko hipertensi.

Meskipun penelitian ini tidak melihat secara khusus teh jahe, mungkin bermanfaat untuk mengonsumsi teh jahe jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

4. Membantu penurunan berat badan

Ada beberapa penelitian tentang manfaat jahe dalam hal berat badan dan obesitas.

Sebuah tinjauan penelitian ini menyoroti bahwa jahe mungkin memiliki dampak positif pada obesitas melalui sejumlah mekanisme yang berbeda, termasuk pengendalian nafsu makan dan meningkatkan thermogenesis (produksi panas).

Sekali lagi, penelitian ini tidak khusus untuk teh jahe, tetapi mungkin bermanfaat untuk memasukkan teh jahe sebagai bagian dari diet seimbang.

5. Meringankan sakit kepala dan migrain

Ada cukup banyak penelitian tentang jahe dan sifat penghilang rasa sakitnya, termasuk potensi manfaatnya bagi mereka yang berjuang dengan sakit kepala dan migrain.

Oleh karena itu, minum teh jahe juga bisa membantu mencegah dan meredakan sakit kepala.

6. Kaya antioksidan

Jahe mengandung antioksidan tinggi dan telah terbukti memiliki efek antiproliferatif pada sel tumor, khususnya kanker pankreas dan usus besar.

Mengonsumsi teh jahe secara teratur bisa memberikan efek pencegahan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Jahe   teh jahe   Antioksidan   Migrain  

Terpopuler