6 Manfaat Ubi Jalar yang Luar Biasa, Silakan Dicoba

Rabu, 08 Juni 2022 – 05:19 WIB
Ubi jalar. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - UBI jalar merupakan salah satu jenis makanan yang biasanya diolah dalam berbagai hidangan.

Mulai dari hidangan manis, seperti kolak, cake hingga hidangan gurih, seperti gorengan.

BACA JUGA: Suka Ubi Jalar Ungu, Ini 5 Manfaatnya untuk Tubuh, Salah Satunya Stabilkan Gula Darah

Umbi akar, seperti ubi jalar dan singkong, adalah bagian akar yang seperti umbi di mana tanaman menimbun nutrisi tambahan untuk tetap hidup selama musim dingin.

Karena pada dasarnya kaya nutrisi, tidak heran ubi jalar kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa bermanfaat lainnya.

BACA JUGA: 4 Khasiat Rutin Konsumsi Daun Ubi Jalar Rebus, Penyakit Kronis Ini Langsung Ambrol

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Themanual.

https://www.themanual.com/fitness/benefits-of-sweet-potatoes/?fbclid=IwAR0PK0OH9iG9qs9ThYqAEwxlUBeJnkjZI3rbKK18HTogDbFQrLFYnsavIas.

BACA JUGA: Diabetes? Ketahui 6 Fakta Ubi Jalar

1. Mengandung Vitamin Penting

Ubi jalar mungkin paling terkenal karena kandungan vitamin A-nya (sebenarnya hadir sebagai beta-karoten, pigmen tanaman yang memberi warna oranye pada ubi jalar dan bahwa tubuh kita mengubahnya menjadi vitamin A begitu kita memakannya), tetapi mereka juga sumber vitamin C dan vitamin B6 yang baik.

Faktanya, hanya satu ubi jalar panggang berukuran sedang memberi Anda lebih dari 100 persen nilai harian vitamin A, 25 persen nilai harian vitamin C, dan 19 persen nilai harian vitamin B6.

2. Ubi Jalar Menyediakan Mineral Esensial

Mineral sama pentingnya dengan vitamin, dan ubi jalar berukuran sedang yang sama menyediakan 25 persen nilai harian mangan, 20 persen nilai harian tembaga, dan 12 persen nilai harian kalium.

Mendapatkan mangan yang cukup penting untuk meningkatkan kesehatan tulang, memproduksi hormon seks, dan mengatur gula darah.

Tembaga membantu tubuh kita dengan berbagai fungsi seperti membuat sel darah merah, dan kalium sangat penting untuk mengatur keseimbangan cairan, mengontraksikan otot, dan menjaga kesehatan. fungsi saraf.

3. Ubi Jalar Memiliki Karbohidrat Kompleks

Terlepas dari popularitas diet ultra-rendah karbohidrat, tubuh kita membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang cukup untuk bertahan hidup karena mereka adalah sumber energi nomor satu kita.

Namun, sementara semuanya dipecah menjadi glukosa pada akhirnya, tidak semua karbohidrat diciptakan sama dalam hal pengaruhnya terhadap gula darah.

Ubi jalar memiliki sesuatu yang disebut karbohidrat kompleks, yang berarti mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah oleh tubuh Anda, yang menyebabkan lebih sedikit lonjakan gula darah dan energi yang lebih berkelanjutan.

4. Baik untuk Kesehatan Usus

Ubi jalar juga merupakan sumber serat yang baik, yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat.

Mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga menurunkan risiko diabetes dan jenis kanker tertentu.

5. Membantu Melindungi Penglihatan Anda

Manfaat ubi jalar selanjutnya ialah bisa membantu melindungi penglihatan Anda.

Ubi jalar oranye adalah salah satu sumber beta-karoten terbaik yang bisa Anda temukan.

Beta-karoten, pigmen tumbuhan yang diubah tubuh kita menjadi vitamin A, membantu mencegah mata kering dan membuat Anda tetap melihat dengan baik dalam gelap.

Beta-karoten juga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel mata dari kerusakan dan peradangan akibat radikal bebas.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Antioksidan dianggap membantu mencegah penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia dan risiko kondisi neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia, dan ubi jalar memiliki beberapa jenis yang berbeda, termasuk karotenoid dan antosianin.

Karotenoid seperti yang ditemukan dalam ubi jalar oranye telah terbukti memperlambat penurunan kognitif, sedangkan antosianin dalam ubi jalar ungu telah ditemukan (dalam penelitian pada hewan) untuk meningkatkan memori dan pembelajaran.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler