6 Tanda Anda Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula

Kamis, 27 Desember 2018 – 17:03 WIB
Ilustrasi gula. (Foto: google/jpnn)

jpnn.com - Banyaknya gula tersembunyi di balik makanan dan minuman saat ini membuat banyak orang tak menyadari bahwa mereka sudah mengonsumsi terlalu banyak gula.

Padahal, konsumsi gula berlebih perlu dihindari karena bisa memicu terjadinya beragam masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes.

BACA JUGA: Inovasi Teknologi Memperlambat Proses Penuaan Dini

Berikut ini tanda Anda mengonsumsi terlalu banyak gula, seperti dilansir laman Care2, Rabu (26/12).

1. 'Kecanduan'

BACA JUGA: 6 Cara Memperlambat Proses Penuaan

Para ilmuwan tidak setuju tentang apakah akan menyebut gula mengidam kecanduan. Tapi kita tahu bahwa makan gula melepaskan dopamin kimia yang enak di otak.

Penelitian menunjukkan bahwa gula bisa menyebabkan perubahan reseptor dopamin.

BACA JUGA: 6 Langkah Ini agar Anda Bebas dari Jerawat

2. Jerawat dan mempercepat penuaan

Makanan tinggi gula dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan insulin Anda. Hal ini bisa meningkatkan sekresi androgen, produksi minyak dan peradangan, yang semuanya berperan dalam pengembangan jerawat.

Dan itu bukan satu-satunya cara gula merusak kulit. Itu juga bisa mempercepat tanda-tanda penuaan.

Diet tinggi gula menghasilkan senyawa di dalam tubuh yang "merusak kolagen dan elastin, yang merupakan protein yang membantu meregangkan kulit dan menjaga penampilan mudanya.

3. Joint pain

Beberapa penelitian telah menghubungkan gula dengan peningkatan peradangan dalam tubuh.

Dan efeknya bisa bertahan untuk sementara waktu setelah Anda mengonsumsi gula, jadi Anda mungkin tidak langsung menunjukkannya sebagai pelakunya.

Peradangan bisa bermanifestasi pada nyeri sendi, pembengkakan dan kekakuan.

4. Tekanan darah tinggi

Diet gula sama sekali tidak manis untuk jantung Anda. Menurut American Heart Association, gula bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

AHA merekomendasikan untuk membatasi tambahan gula hingga tidak lebih dari 100 kalori sehari (6 sendok teh) untuk kebanyakan wanita dan tidak lebih dari 150 kalori per hari (9 sendok teh) untuk kebanyakan pria.

5. Masalah usus

Baik di dalam maupun di luar, Anda tertutup oleh bakteri. Dan diet sebagian besar berkontribusi pada keseimbangan antara bakteri baik dan buruk, terutama di saluran pencernaan Anda.

Menurut Mayo Clinic, makanan manis memberi makan bakteri jahat yang menyebabkan mereka mengalahkan jenis bakteri yang menguntungkan.

Ketidakseimbangan ini bisa memengaruhi fungsi saluran pencernaan, menyebabkan Anda merasa sakit atau bahkan mengalami kesulitan metabolisme nutrisi, di antara masalah lainnya.

6. Depresi

Menurut Healthline, asupan gula yang tinggi telah dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih besar.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Apa yang Salah?


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler