6 Trik Jitu Tingkatkan Nafsu Makan yang Menurun

Rabu, 12 Januari 2022 – 06:00 WIB
Resep sarapan mudah, enak, dan sehat. Ilustrasi: Elvi R/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MAKAN dan minum merupakan hal yang wajib dilakukan manusia setiap hari.

Mengonsumsi makanan bisa membuat tubuh mendapatkan energi dan juga mencegah timbulnya penyakit.

BACA JUGA: 3 Tips Mudah Menekan Nafsu Makan, Yuk Dicoba

Namun, ada saat kita tidak memiliki nafsu makan, umumnya terjadi saat Anda sedang sakit.

Jika Anda kurang nafsu makan berlangsung selama lebih dari beberapa hari, hal itu bisa menyebabkan penurunan berat badan atau kekurangan gizi.

BACA JUGA: Ini Penyebab Putus Cinta Bikin Tidak Nafsu Makan

Tidak memiliki nafsu makan bisa membuat frustasi bagi siapa saja, terutama orang yang kekurangan berat badan dan mencoba menambah berat badan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah nafsu makan, seperti dikutip laman Healthline.

BACA JUGA: 4 Cara Praktis Mencegah Nafsu Makan

1. Makan Makanan Kecil Lebih Sering

Makan penuh tiga kali mungkin tampak seperti tugas yang menantang ketika Anda tidak memiliki nafsu makan yang sehat.

Cara makan yang lebih memotivasi adalah dengan membagi tiga makanan utama Anda menjadi lima atau enam makanan kecil.

Saat nafsu makan Anda meningkat, kamu bisa mulai meningkatkan porsi makanan atau menambahkan lebih banyak bahan untuk mengonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari.

Misalnya, jika Anda makan sandwich tuna, masukkan beberapa sayuran dan keju untuk menambah lebih banyak kalori dan nutrisi.

2. Makan Makanan Kaya Nutrisi

Orang dengan nafsu makan yang buruk cenderung makan kalori kosong seperti permen, keripik, es krim dan makanan yang dipanggang untuk menambah berat badan.

Meskipun jenis makanan ini mungkin tampak lebih menggugah selera dan mengandung kalori dalam jumlah tinggi, itu adalah ide yang buruk karena mereka menyediakan sangat sedikit nutrisi.

Sebaliknya, berkonsentrasilah pada makanan yang memberi Anda kalori dan beragam nutrisi seperti protein dan lemak sehat.

Misalnya, alih-alih es krim untuk hidangan penutup, Anda bisa makan 1 cangkir yogurt Yunani biasa. Tambahkan beberapa buah beri dan kayu manis untuk rasa manis.

3. Tambahkan Lebih Banyak Kalori ke Makanan Anda

Cara lain untuk meningkatkan nafsu makan dan memastikan Anda makan cukup di siang hari adalah dengan menambahkan lebih banyak kalori ke makananmu.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah memasak makanan Anda dengan bahan padat kalori seperti mentega, selai kacang, minyak zaitun, atau susu murni.

4. Jadwalkan Waktu Makan

Rasa lapar biasanya membuat orang makan. Namun, jika Anda tidak merasa lapar, kamu mungkin tidak bisa mengandalkan nafsu makan untuk mengingatkan kapan harus makan.

Jika ini masalahnya, cobalah menjadwalkan makanan Anda dan mengatur pengingat di setiap waktu makan untuk memastikan kamu makan secara teratur.

Selain itu, memiliki jadwal makan yang teratur penting untuk merangsang nafsu makan, membantu Anda mengonsumsi cukup kalori dan nutrisi setiap hari.

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Mengonsumsi sarapan setiap hari adalah penting ketika Anda ingin meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan.

Sebuah studi review menunjukkan melewatkan sarapan bisa membuat Anda makan lebih sedikit sepanjang hari, yang merupakan kebalikan dari apa yang kamu inginkan.

Selanjutnya, sarapan membantu meningkatkan efek termogenesis tubuh, membuat Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Hal ini bisa meningkatkan nafsu makan kamu.

6. Makan Lebih Sedikit Serat

Diet tinggi serat telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Meskipun makanan berserat tinggi direkomendasikan dalam diet seimbang, mereka bisa memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jadi, Anda mungkin ingin mengurangi asupan jika ingin meningkatkan nafsu makan.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler